oleh

Legislator I Nyoman Sarwa Siap Kawal Aspirasi Masyarakat Desa Werdhi Agung dan Desa Dumarak

-Politik-70 views

Jurnal6 Bolmong – Gelar reses anggota DPRD Sulut I Nyoman Sarwa di Desa Werdhi Agung Selatan dan Desa Dumarak banyak menerima aspirasi yang berkaitan dengan Kesehatan dan Pertanian.

Kegiatan turun ke Daerah Pemiliha (Dapil) menemui konstituen oleh masing-masing anggota DPRD sesuai amanat pasal 71 nomor 2 tahun 2019 tentang tata tertib (tatib) DPRD Sulut untuk turun ke Dapil masing- masing untuk di perjuangakan aspirasi yang disampaikan masyarakat di Anggaran Perubahan (APBD-P) tahun 2020 atau APBD induk tahun 2021.

Kewajiban ini angsung di lakukan anggota DPRD Sulut komisi IV yang membidangi kesejahtrahan rakyat Nyoman Sarwa untuk turun pada hari Kamis Tanggal 30 April 2020 di Desa Werdhi Agung Selatan, Kcamatan Dumoga tengah dan Desa Dumarak, Kecamatan Dumoga Tenggara Kabupaten Bolaang Mongondow.

” Memang kegiatan reses hari ini berbeda dari biasanya.karena mengingat himbauan dari pemerintah menerapkan sosial distancing, menjaga jarak mengurangi kerumunan orang.” ujar politisi NasDem ini.

Sangadi Dumarak dan Werdhi Agung Selatan berterima kasih dan memberikan apresiasi buat DPRD Provinsi Sulut Nyoman Sarwa yang sudah menjadikan desa kami sebagai tembat reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di desa ini.

Sangadi Dumarak juga menambahakam memang mayoritas masyarakat di desa dumarak 99% sebagai petani selain itu desa Dumarak sangat membutuhkan tenaga medis tetap untuk melayani masyarakat.

” Kami berharap ekurangan tenaga kesehatan tetap dan fasilitas pertanian bisa diperjuangkan ke pemerintah Provinsi Sulut ” tandas sangadi Dumarak.

Adapun aspirasi didesa Dumarak, Kecamatan Dumoga Tenggara diantaranya

  • Mengharapkan bantuan dari pemrintah provinsi terkait tenaga medis tetap di desa dumarak
  • Berharap kepada pemerintah provinsi memberikan bantuan terkait lampu penerangan jalan
  • Mengaharapkan kepeda pemerintah provinsi terkait bantuan alsintan kepada kelompok tani yang ada di desa dumarak
  • Berharap adanya bantuan dari pemerintah provinsi terkait Bantuan Rumah tidak layak huni /RTLH di desa dumarak.
  • Berharap adanya bantuan dari pemerintah provinsi terkait sumur bor didesa dumarak.

Sementara masyarakat desa Eerdhi Agung Selatan juga menyampaikan sejumlah aspirasinya kepada Legislator Sulut Dapil Bolmong Raya Nyoman Sarwa yaitu

  • Berharap kepada pemerintah provinsi puskesmas Werdhi Agung di jadikan tempat rawat inap
  • Berharap adanya bantaun dari pemerintah provinsi terkait ternak sapi di desa werdhi agung selatan
  • Mengharapkan bantuan kepada pemerintah provinsi terkait desa wisata yang ad di Werdhi Agung Selatan
  • Berharap bantuan kepada pemerintah provinsi terkait pemgadaan alsintan pada kelompok2 tani didesa werdhi agung selatan
    –Berharap kepada pemerintah provinsi,adanya bantuan jalan2 usaha tani /JUT untuk memper mudah,petani di desa werdhi agung selatan untuk mengeluarakan hasil panen dan mengurangi oprasioanal petani yang di duga mencapi 10% yang di keluarkan para petani

Menangapi aspirasi itu I NYOMAN SARWA menegaskan akan mengawal aspirasi tersebut ke gedung DPRD Provinsi Sulut dan serta kepada pemerintah provinsi Sulut dalam hal ini instansi terkait.

” Karena memang sesui dengan UUD fungsi DPRD itu ada tiga yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan dan bukan sebagai eksekutor, karena eksekutor itu adalah kewenangan pemerintah, ” terang Sarwa.

Ditambahkannya semua aspirasi baik yang lberkaitan langsung dengan mitra kerja komisi IV maupun di luar itu semua akan di sampaikan kepada Pemerintah Provinsi.

” Sebagai wakil rakyat tentunya saya memiliki kewajiban mengawal asprisi yang disampaikan dalam reses ini, terlebih banyak aspirasi yang masuk berkaitan dengan pertanian karena mayoritas masyarakat BMR memiliki profesi sebagai petani.” ucapnya.

” Walaupun bidang Pertanian itu sebenarnya menjadi wilayah kemitraan komisi ll.
Tetapi karna menjadi kebutuhan mayoritas penduduk maka tetap menampungya dan akan berkomunikasi lintas komisi,maupun lintas fraksi, ” tandas I Nyoman Sarwa. (*/stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed