oleh

Sempat Dihapus, Badan Perbatasan Back to Sangihe

Sangihe, Jurnal6
Meski berstatus kabupaten kepulauan sekaligus kabupaten yang perbatasan dengan negara tetangga Filipina, Kabupaten Sangihe ternyata tidak memiliki instansi teknis berlevel eselon II atau dinas/badan yang khusus menangani perbatasan. Sebelumnya sekira 5 tahun silam, Sangihe pernah memiliki Badan Perbatasan yang dipimpin pejabat eselon II. Haanya saja instansi tersebut tiba-tiba dihapus dari strukur Pemkab Sangihe oleh pemerintah pusat yang kemudian hanya berganti dengan Bagian Perbatasan level eselon III.

Kebijakkan penghapusan Badan Perbatasan itu dinilai keliru, sehingga  di tahun 2019 ini akhirnya Badan Perbatasan akan dikembalikanke Sangihe. Hal ini tak ditepis Sekretaris Daerah (Sekda) Sangihe, Edwin Roring SE ME dikonfirmasi Senin (18/11/2019). Bahkan untuk pengisian pejabat sampai pada jajaran staf sudah disiapkan.

“Kalau tidak ada halangan, sebelum akhir tahun 2019 Badan Perbatasan Sangihe sudah terbentuk dan pelantikan pejabatnya bisa bersamaan dengan agenda roling pejabat eselon II lainnya, termasuk bersamaan agenda pengisian 8 jabatan kepala dinas atau badan yang lowong,” ujar Roring.

“Pejabat yang akan menjadi pimpinan serta pejabat teknis dan staf di Badan Perbatasan juga sudah disiapkan, tinggal menunggu proses pelantikannya,” tambah Roring. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed