Direktur IPDN Noudy Tendean Tuangkan Gagasan Lewat Buku “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia”

Pemerintahan146 views

Jurnal6 Manado – Buku berjudul “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia  yang ditulis DR.Noudy RP.Tendean, SIP.M.Si.akhirnya bisa dilaunching terlaksana 10 November 2019 lalu  di Manado.

DR.Noudy RP.Tendean, SIP.M.Si. yang juga menjabat sebagai Direktur IPDN Sulut mengungkapkan alasan serta motivasinya terkait  ide penulisan buku tersebut

“Penulisan buku “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia” ini mulai ditulis diawal Maret 2019, ditengah kesibukan, padatnya tugas sebagai direktur dan dosen IPDN. Adapun Tolak ukur kenapa buku ini harus lahir, karena besarnya hasrat untuk menuangkan berbagai perspektif pemikiran, pendapat dan ide-ide terkait diskursus peristiwa, fenomena kekuasaan politik pemerintahan dalam kerangka kepemimpinan,” tutur Kepala IPDN Kampus Sulut dua periode ini saat diwawancarai media cintasulut.com via ponsel, Selasa (12/11/2019).

Lebih lanjut dikatakan Tendean, hasrat menulis buku ini didorong oleh kegelisahan dan pencermatan atas peristiwa juga fakta kepemimpinan dalam kekuasaan politik pemerintahan, kemudian menjadi permasalahan atau isu strategis yang muncul sehingga menjadi fenomena dalam politik pemerintahan nasional maupun lokal.

“Oleh karena itu, buku ini mendiskusikan dan menyajikan soal kepemimpinan pemerintahan yang dibutuhkan bangsa ini adalah kepemimpinan yang kuat dan berkarakter baik level pusat maupun lokal,” ucapnya.

Lanjut  Tendean, kepemimpinan yang kuat, berkarakter bukanlah kepemimpinan yang otoriterian dan arogan.

“Namun kepemimpinan yang tegas, berwibawa, dihormati dan dicintai, karena memiliki karakter kebangsaan, kemasyarakatan juga berintegritas. Dimana, orientasi kepemimpinan dan kekuasaan diarahkan pada terwujudnya kebaikan bersama dalam masyarakat, bangsa dan negara.

Dengan kepemimpinan yang kuat dan berkarakter, diharapkan akan mampu memanage, mentransformasikan berbagai potensi bangsa baik SDM, SDA maupun potensi lingkungan strategis sebagai kekuatan besar menghadapi sekaligus memenangkan persaingan global,” jelas Tendean.

Bukan hanya itu tambah Tendean, kepemimpinan yang kuat dan berkarakter diharapkan juga akan mampu memberikan solusi di  berbagai persoalan seperti sosial, ekonomi, politik, ideologi dan Hankam, yang menghambat kesejahteraan rakyat.

Memakan waktu kurang lebih sembilan bulan dan melewati proses pengeditan, penulisan buku berjudul “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia” ini akhirnya diterbitkan.

“Suatu yang sangat saya syukuri adalah setelah melalui proses penulisan dan pengeditan sana sini selama kurang lebih sembilan bulan buku “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia” ini akhirnya terbit pada momentum hari ulang tahun saya pada 7 Nov 2019 lalu. Selanjutnya dengan berbagai persiapan buku ini saya lakukan Soft Launching pada tanggal 10 November 2019 di Manado, sekaligus pada momentum perayaan ulang tahun pernikahan saya dengan isteri tercinta Sintia Manoppo.

“Oleh karena itu pula buku ini menjadi hadiah yang saya persembahkan khusus buat isteri tercinta Sintia Manoppo dan kedua anakku Gabriella dan Christabel,” aku Tendean sembari menambahkan bila buku itu juga dipersembahkan untuk para pemimpin pemerintahan diberbagai level, para pemerhati kepemimpinan pemerintahnan, mahasiswa dan masyarakat Sulut.

Diakhir wawancara, tak lupa Tendean meminta kritik dan saran terkait isi buku tersebut.

“Buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan sebagai bahan perbaikan di edisi berikutnya,” tandas jebolan UGM ini.*(stem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *