Libur Natal dan Tahun Baru, Liput: Puncak Arus Balik Diprediksi Awal Februari

Sangihe181 views

Sangihe, jurnal6.com

Arus balik libur Natal dan Tahun baru 2022 di Pelabuhan Nusantara Tahuna masih belum menunjukan lonjakan penumpang yang signifikan, diprediksi puncak arus balik terjadi pada awal Februari 2022.

Hal ini dikatakan Perwira jaga KUPP Kelas ll B Tahuna Leonard Liput ketika dikonfirmasi Kamis (6/1/2022).

“Kalau sampai sekarang ini belum menunjukan lonjakan penumpang yang signifikan yang setiap kita lihat disetiap keberangkatan kapal rata-rata kenaikan dari jumlah penumpang itu hanya sekitar 30 persen, jadi biasanya 200 itu naik hanya sampai 300 maksimumnya 325 manifes penumpang. Boleh dikategorikan bahwa peningkatan penumpang arus balik ini tidak terlalu signifikan,”jelas Liput.

Lanjut dikatakannya, diketahui seperti tahun sebelumnya arus balik dari Tahuna ke Manado atau kepelabuhan lainya biasanya masih menunggu sampai acara pesta adat tulude.

“Nantinya di awal Februari akan meningkat lagi jumlah arus balik itu, kerena rata-rata pesta adat di Sangihe adanya di tanggal 31 Januari 2022 kemungkinan sebagian penumpang itu tetap standby di Sangihe menunggu pesta adat tulude, “katanya.

Ia menambahkan, untuk pelayanan kapal laut KUPP Tahuna tetap menambah armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Untuk pelayanan kapal laut kami tetap menambah armada yang tadinya cuma hari rabu dan jumat cuma dilayani satu kapal sampai saat ini tetap dua kapal, jadi untuk mengatisipasi ada lonjakan penumpang tiba-tiba tetap kita antisipasi. Jadi dengan jadwal kapal yang biasanya satu tetap kita isi dengan dua kapal, “ujarnya. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *