oleh

Kasus Covid-19 di Sangihe Meningkat, Pemda Perketat Pengawasan dan Percepatan Vaksinasi

-Sangihe-26 views

Sangihe, Jurnal6

Satuan tugas percepatan penanganan kasus covid 19 segera menetapkan zonasi sebagai tindak lanjut perkembangan kasus di Kabupaten Kepulauan Sangihe penetapan zona diberlakukan di setiap Kampung Kelurahan sesuai jumlah kasus yang terjadi.

STA GINOSKO

Kepala Dinas Kesehatan daerah kepulauan Sangihe, selaku juru bicara satuan tugas dokter Yopi Thungari mejelaskan berdasarkan peningkatan kasus beberapa minggu terakhir langkah cepat pemerintah daerah memperketat pengawasan melalui pelaksanaan 3t testing penelusuran kontak tracking dan tindak lanjut berupa Perawatan pada pasien atau treatment. Dukungan satuan tugas di tingkat Kecamatan Kelurahan dan Kampung akan mempercepat penanganan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Penetapan zona itu kalau dulu memang penetapannya secara Kabupaten zona kuning, zona hijau, zona merah dan orange dalam skala Kabupaten tetapi sekarang penetapan zonanya perkampung kelurahan berdasarkan jumlah kasus yang ada. Sehingga kami sedang mengidentifikasi kami sudah mengumoulkan data-data lebih lengkap sehingga kita salah dalam menetapkan zona yang ada,”jelas Thungari

“Untuk Kabupaten Sangihe pada dasarnya seluruh kampung dalam hal ini belum ada kasus baik tahun lalu sampai sekarang itu tentunya statusnya hijau dan yang sudah ada kasus dan sekarang tidak ada itu statusnya kuning dan sekarang ada lokasi kasus berati dia naik ke zona orange kalau kasusnya banyak dia akan naik ke zona merah,”sambungya.

Lanjut dikatakannya, Upaya meminimalisir peningkatan kasus di sejumlah Daerah Pemerintah melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi. DiKabupaten Kepulauan Sangihe ditargetkan 1000 masyarakat yang mendapatkan vaksinasi setiap hari dan akan mulai digencarkan, di sisi lain ketersediaan vaksin tetap diupayakan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat Sehingga kebutuhan di setiap wilayah kecamatan Kelurahan dan Kampung dapat terpenuhi.

“Saat ini kita lagi melakukan percepatan vasinasi karena ternyata dari informasi baik ditingkat Nasional dan Daerah terlalu lamban oleh karena itu Presiden menegaskan secara Nasioanal satu juta orang di vaksinasi satu hari di Kabupaten kota diharapkan satu Kabupaten 1000 orang perhari. Oleh kareana itu kami sudah menyurat ke Puskesmas kita beri target Puskesmas satu Puskesmas 50 orang minimal perhari,”ujarnya.

Ditambahkannya, Peningkatan kasus atas Cluster tempat kerja yang melonjak signifikan di Kabupaten Sangihe selain upaya pemerintah diharapkan masyarakat ikut berkontribusi aktif dengan disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan.(Ady).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed