oleh

Tilang Elektronik Masih Terkendala, Prasetiawan: Penerapan ETLE di Sangihe Belum Bisa Dilakukan

-Sangihe-13 views

Sangihe, Jurnal6
Penerapan Electronic Law Enforcemen (E-TLE)/ Tilang Elektronik di Kabupaten Sangihe, nampaknya masih mengalami beberapa kendala. Polres Kepulauan Sangihe belum bisa menerapkan kebijakan tersebut. 

Hal ini dikatakan Kasat Lantas Polres Kepulauan Sangihe Iptu Duwi Galih Prasetiawan SIK dikonfirmasi, Senin  (8/3/2021).

STA GINOSKO

Menurut Prasetiawan, hal itu dikarenakan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ETLE di Kabupaten Sangihe belum memadai.

“Untuk pelaksanaan ETLE atau tilang elektronik di Polres KabupatenKepulauan Sangihe belum bisa diterapkan karena untuk peralatan kami belum ada. Dan untuk ETLE di Sulawesi Utara hanya berlaku sementara di wilayah Kota Manado. Serta petunjuk dari Direktorat Lantas untuk wilayah yang sudah dilengkapi cctv, tapi bukan cctv ETLE sudah bisa menerapkan pra ETLE. Salah satunya di Kota Bitung dan Kotamobagu. Namun untuk di lapangan tetap melaksanakan tilang konvensional,” kata Prasetiawan.
Dipertegas lagi terkait kendala yang dihadapi Polatas Sangihe sehingga belum menerapkan ETLE, kondisi jaringan yang kurang baik menjadi salah satu kendalanya.
“Selain sarana dan prasarana kita belum ada, dan kedua masalah jaringan di sini masih sering mati lampu, dan, masalah ini sudah kita laporkan ke Direktorat Lantas. Dan saat ini kita masih melakukan tilang konvensional, tapi kita langsung berikan kode briva. Tujuannya mengurangi kontak langsung dan penyalahgunaan wewenang oleh anggota kepolisian,” jelasnya.

Lanjut dikatakannya, pelaksanaan operasi di lapangan, dilakukan secara stasioner. Yakni melakukan tindakan bagi pengendara yang berpotensi terjadinya Laka Lantas.

“Jadi kami menggantikan sitem hunting, dengan pelanggaran yang berpotensi Laka Lantas. Salah satu contoh penggunaan penutup kepala (helm), melawan arus, dan saat ini yang jadi masukan kami darimasyarakat yakni penggunaan knalpot racing. Makanya beberapa minggu ini kami fokus pada penggunaan penutup kepala dan knalpot racing,” pungkasnya. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed