oleh

Difasilitasi Komisi IV, Persoalan PT.Ciputra dan Warga Perumahan CitraLand Tuntas

Jurnal6 Manado – Polemik antara warga perumahan CitraLand dan PT. Ciputra Internasional selaku pengelolah akhirnya menemui titik temu setelah difasilitasi komisi IV DPRD Sulut dalam gelar hearing Senin (8/3/21).

Ketua Komisi Braien Waworuntu yang memimpin pertemuan didampingi wakil ketua Careig Runtu, Sekretaris Julius Jems Tuuk serta anggota masing-masing Melky Jakhin Pangemanan dan Hilman Idrus meminta warga menyampaikan permasalahan untukmendapatkan solusi terbaik dengan pihak pengelola.

STA GINOSKO

Warga Perumahan CitraLand yang diwakili Friko Poli mengungkapkan beberapa hal yang menjadi kebijakan pengelola yang dirasa sangat membebani warga perumahan seperti tambahan biaya sewa walk way bagi  pemilik ruko  yang menjalankan usahanya.

Selain itu warga juga meminta pengelola memperbaiki sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan terlebih  daerah yang rawan longsor untuk mencegah timbulnya korban jiwa maupun materil.

Warga juga meminta pihak pengelolan dapat meninjau kembali kebijakan lainnya seperti iuran sampah, penerapan jasa internet yang dianggap memberatkan karena harus dibebani dengan tambahan biaya untuk penyedia jasa.

Menanggapi keluhan warga, wakil ketua Komisi IV Careig Runtu memberikan kesempatan kepada pihak pengelola PT. Ciputra Internasional dan perwakilan warga untuk duduk bersama mencari solusi terbaik untukkepentingan dan kebaikan bersama.

“ Melihat permasalahan antara pihak pengelolah dan Warga Perumahan Citra land, kami memberi kesempatan kepada kedua belah pihak untuk rembuk agar dapat menghasilkan kesepakatan yang terbaik bagi kedua belah pihak, “ ucap CNR.

Akhirnya setelah kurang lebih dua jam proses negosiasi, pihak pengelola yang diwakili Sofyan Khabib selaku General Manger PT. Ciputra International Manado dan warga CitraLand menemui kesepakatan yang berisi delapan poin dan ditanda tangani komisi IV, pihak pengelola dan perwakilan warga.

Berikut delapan poin kesepakatan hasil rembuk  antara pihak PT. Ciputra Internasional dan perwakilan warga Perumahan CitraLand  Manado ;

  1. Diharapkan kepada pengelola  Citraland dapat memperhatikan beberapa fasilitas pengamanan dilingkungan perumahan yang tidak/belum dibuat dan itu berpotensi menciptakan ketidak nyamanan dan dapat membahayakan warga setempat  fasilitas tersebut antara lain :
  2. Pagar pembatas kluster Edenbridge dapat mulai dikerjakan pada bulan Maret 2021
  3. Kerusakan pada parit (drainase) yang sudah sangat besar di kompleks Edenbridge karena lobang dan fondasi yang ada sudah menggantung  (dapat dikerjakan pada bulan April tahun 2021)
  4. Terjadi kerusakan akibat longsor di kompleks jalan paving ruko (CMW) dan di dekat gerbang Big Ben
  5. Diharapkan pengelola Citraland dapat berkoordinasi dengan  Balai Jalan Provinsi Sulawesi Utara terkait kerusakan jalan di pintu masuk atau gerbang wilayah Citra Land  Minahasa tepatnya di depan patung kuda yang bisa membahayakan kendaraan dan warga yang melintas di jalan tersebut.
  6. Keputusan dan sikap managemen Citra Land :
  7. Menaikan tarif air/lingkungan/keamanan retribusi sampah secara sepihak dan itu diperlukan penjelasan secara detail masing-masing retribusi (minggu ini akan diberikan detail penjelasan harga secara tertulis oleh pihak CitraLand)
  8. Ada standard ganda dalam penerapan jasa jaringan internet Indihome dalam kompleks perumahan untuk dapat dievaluasi paling lambat pada minggu berjalan pada bulan Maret 2021 (Citra Land akanmemfasilitasi pertemuan warga  dengan pihak penyedia provider)
  9. Diharapkan pungutan baru di kompeks ruko untuk dicabut oleh pihak pengelola  CitraLand
  10. Ditenga pandemic, dimana ekonomi lagi lesu dan usaha sedang merosot,managemen Citra Land bukannya membantu fasilitas  kenyamanan  dan keamanan di kompleks ruko, malah membuat kebijakan baru dengan  menagih biaya sewa walk way di depan pemilik ruko  yang sedang berusaha (pihak CitraLand  menarik kembali ketentuan penarikan biaya sewa walk way
  11. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindak lanjuti terkait retribusi keamanan dan kebersihan, diharapkan kepada pihak Citra Land dapat disampaikan secara transparan  terkait peruntukannya untuk masyarakat
  12. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindak lanjuti terkait  kebersihan pemuliman penduduk  yang tidak ditempati oleh pemilik rumah harap dapat diperhatikan kebersihannya sehingga tidak mengganggu kenyamanan penghuni  yang lain
  13. Agardapat diperhatikan dan ditindak lanjuti terkait untuk permasalahan sampah agar selalu dapat diperhatikan khususnya jam pengangkutan sampah dapat dilakukan secara rutin oleh pihak pengelola
  14. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindak lanjuti terkait kearifan lokal warga Citra land agar dapat dilibatkan dalam bentuk kerjasama asourcing pekerjaan fisik tender dan lain-lain
  15. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindak lanjuti terkait semua kebijakan yang diambil oleh pihak Citra land harus diketahui  danmelibatkan seluruh warga melalui bentuk komunikasi yang intens.

Terkait hasil positif yang dicapai kedua belah pihak, Ketua komisi IV Braien Waworuntu meberi apresiasi keterbukaan managemen PT. ….yang memberik ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan  aspirasinya. Ia juga berharap kedepan pihak pengelola dapat membangun komunikasi dengan baik dengan warga.

“ Inilah fungsi kami sebaga wakil rakyat, salah satunya  memfasilitasi setiap permasalahan di tengah masyarakat yang menyampaikan aspirasinya  di lembaga DPRD, sehingga harapan  kami masyarakat bisa mendapatkan solusi terbaik seperti saat ini. “ pungkas BW sapaan akrabnya. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed