Gaghana Rayakan Tulude Bersama Masyarakat Kampung Kuma

Sangihe87 views

Sangihe, Jurnal6
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana menghadiri acara syukurTulude di Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng). Kegiatan ini digelar di Kantor Kapitalaung. Kedatangan Bupati disambut secara adat oleh Pemerintah dan Masyarakat Kuma dengan peggelaran tarian adatupase, tarian salo dan tarian gunde. Dengan tetap menerapkan protokolkesehatan (prokes) Selasa (16/02/2021).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, di tengah-tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan Tulude dilaksanakan dengan kesederhanaan dengan tidakmengumpulkan banyak orang. Dan ini bukan hanya di Kuma tetapi sudah dilakukan sejak pelaksanaan tulude  Kabupaten Sangihe 31 Januari lalu.

”Tulude tahun ini pelaksanaannya sangat ketat, karena protokol Covid -19 menuntut kita harus benar-benar tertib, namun tidak mengurangi kondisi realitas yang ada serta semangat masyarakat, pemerintahkampung Kuma bersama Pemerintah Kecamatan Tabteng yang boleh melaksanakan acara Tulude dalam konteks pemahaman bahwa ucapan syukur yang dirasakan dapat diterima oleh seluruh masyarakat, dan diyakini merupakan sebuah wujud kasih dan anugerah dari pada Tuhan semata,” ungkap Gaghana.

Lanjutnya, ada tiga esensi dalam pelaksanaan tulude yang pertamaadalah membuat semua masyarakat Kuma menyadari kasih Tuhan karena boleh menjalani tahun sebelumnya termasuk tahun 2020.

“Esensi yang kedua dapat bersyukur kepada Tuhan bahwa seluruh masyarakat boleh dihentar memasuki Tahun yang baru 2021 penuh dengan berkat dan  anugerah yang menjadi bagian dalam perjalanan masyarakat. Dan boleh terhindar dari segala marabahaya,cobaan dan malapetaka yang mengintai kehidupan setiap saat bagi setiap orang,” papar Gaghana.

Esensi ketiga tambah dia, memohon pertolongan Tuhan karena kitamasih diperhadapkan dalam kehidupan ditahun 2021, kiranya dengan berkat Tuhan dan pertolongan Tuhan I Ghenghonalangi Ruatang Saruluangboleh memberkati dan menyertai ketika memasuki hari-hari berikutnya.

“Kesadaran untuk kita merayakan Tulude adalah sebuah esensi dalam sebuah pemahaman ucapan syukur sekaligus doa menghadapi kehidupan yang akan datang,” tutup Gaghana.

Turut hadir Waka II DPRD Sangihe Michael Thungari, Sejumlah Pimpinan OPD, Camat Tabukan Tengah Yusak Karame SAP, Pemerintah Kecamatan, sejumlah Kapitalaung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat .(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *