oleh

Kunker Kapolda Sulut di Wilayah Perbatasan NKRI, Disambut Bupati Sangihe

-Sangihe-92 views

Sangihe, Jurnal6
Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di tiga Kabupaten perbatasan utara NKRI. Kapolda sebelumnya mengunjungi Kabupaten Sitaro, dan Pulau Miangas, Kabupaten Talaud. Kapolda yang mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, merapat ke Pulau Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe menggunakan jetski, dan dijemput langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana bersama Forkopimda Sangihe.

Tidak sampai di situ, meski harus melalui cuaca ekstrim, agenda Kunker pun dilanjutkan ke pelabuhan tua Tahuna, Senin (8/6/2020) dalam giat peyerahan bantuan Bhakti Sosial Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 Tahun, kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Dalam sambutannya sebelum menyerahkan sembako kepada sejumlah nelayan dan buruh di pelabuhan tua, Lumowa mengatakan jika giatnya mengarungi laut tagaroa (Sebutan adat wilayah laut sekitar Nusa utara, Philipina, Pasifik) itu, untuk memantau secara langsung kondisi di ketiga Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Philipina ini.

“Kami menggunakan sarana transportasi jetski, untuk menunjukan bahwa dengan niat, cinta dan tekad yang kuat untuk bertemu masyarakat, hal seperti ini sangat mungkin kita lakukan,” ujar Lumowa, sembari membeberkan kecintaannya akan wilayah-wilayah kepulauan.

“Sejak menjabat Kapolda di beberapa daerah, saya selalu ditempatkan di wilayah kepulauan. Jika diwilayah lain saya datangi, apalagi di daerah saya sendiri,” lanjutnya.  

Ia mengatakan, terkait bantuan sembako yang diberikan, hal itu merupakan bentuk kepedulian akan dampak pandemi COVID-19 yang memang masih dirasakan masyarakat hingga hari ini. 

“Jadi saya, bersama Danlantamal mewakili Forkopimda Sulut, namun beliau sudah balik lebih dulu. Bantuan ini juga berkaitan dengan HUT Bhayangkara Ke 74, sebagai bentuk kepedulian kami, bagi Masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, dalam giat tersebut, Kapolda juga sempat berdiskusi dengan jajaran TNI/Polri di bumi Tampungang Lawo. Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengingatkan aparat untuk dapat terus meningkatkan kinerja, dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

 “Marore dan Miangas merupakan wilayah yang berbatasan dengan Negara Philipina. Jaga terus Keutuhan NKRI, termasuk peluang kriminalitas, perdagangan ilegal, imigran ilegal, bahkan gangguan terorisme di Perbatasan,” tegasnya, sembari menitipkan ketiga Kabupaten yang dinilainya asri ini.

“Jaga alam, jaga keindahan yang ada. Tindaki secara tegas usaha merusak alam, apalagi jika tidak memiliki ijin,” tutupnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME atas nama Forkopimda Kabupaten Sangihe  dan masyarakat menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolda Sulut  Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa MM.(Advetorial/Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed