Kadis Perkim Deasy Lumowa Babak Belur di Cerca Personil Dekot Manado

0
281

MANADO,JURNAL6.COM- Dinas Perkim yang dipimpin oleh Kepala Dinas DR Deasy Lumowa Spd, babak belur pada saat digelar pembahasan RAPBD-2020 antara eksekutif dan legislatif yang digelar Selasa (19/11/2019) di Sekretariat Kantor Dewan Kota Manado.

Rapat pembahasan dengan Badan Anggaran (Banggar) yang dipimpin oleh Ketua Dewan Altje Dondokambey, Wakil Ketua Dewan Nortje Henny Van Bonne serta Wakil Ketua Adrey Laikun itu mendapat perhatian khusus dari team badan anggaran dewan.

Pasalnya, dalam rapat itu ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh dinas Perkim yang mendapat perhatian khusus seperti, Kota Manado masih kelihatan gelap karena banyak lampu penerangan jalan yang mati total.

“Terang atau gelap tergantung pa ibu kadis, dan solusi terhadap lampu penerangan jalan itu sesuai Permen Nomor 12 tahun 2019,” ucap Ketua PKS Sjarifudin Saafa

Menurutnya , kedepan kita perlu pengadaan kendaraan mobil Grace , tahun ini ataupun pada APBD Perobahan dan itu harus diprioritaskan atau Perkim memang tidak adakan. Apalagi di musim hujan bahaya bisa mengancam dengan anggaran Rp 1,6 Miliar .

“Kalau ada anggaran yang tidak penting di alokasikan saja ke pengadaan kendaraan tersebut.” tegas Saafa.
Sementara itu, Ketua Komisi 11 Benny Parasan , mengatakan, ada dana sebesar Rp 10 miiar kegiatan honoririum PNS selama setahun. Dan itu tidak perlu sebab ini cara-cara lama dan kalau dihitung ada 100 kegiatan akan mencapai 600 juta.

“Itu tidak perlu dimasukan lagi sebab kegiatan ini dihilangkan saja,” koarnya

Rosalita Manday pentolan (PDI-P) mengungkapkan bahwa, di Kelurahan Karame lingkungan 6 jalanya sudah rusak dilewati mobil-mobil berat dan sekitar 300 meter panjang kerusakan jalan tersebut sampai hari ini tidak ada perbaikan dari Instansi tersebut.

“Mohon dimasukan anggaran nya ke APBD 2020.” pungkasnya
Wakil Ketua Dewan Nortje Henny Van Bonne, ikut menyampaikan aspirasi yang tidak terakomodir selama setahun di Kelurahan Winangun Lingkungan 3. Dimana ada permintaan masyarakat mengenai perbaikan gorong-gorong, paving dan lampu jalan dibelaknag rumah tidak ada sehingga kelihatan gelap .

“Mohon disurvey dan lihat langsung kegiatan dilapangan terkait kondisi tersebut .” Pintah Van Bone
Terkait persoalan itu Ketua Team Angaran Pemerintah Daerah (TAPD) Mickler Lakat SH,MH, tatkala menjawab semua pertanyaan dan koreksi itu mengatakan semua koreksi dan pertanyaan para angota dewan sangat baik dan jadi masukan bagi kami.

“Ibu Kadis dan Kabid, catat mana yang urgent dan mana yang bisa digeser agar Manado bisa jadi terang. Dan semua itu bisa terpenuhi ditahun 2020,” tutur Lakat

Sementara itu Kadis Perkim DR Deasy Lumowa Spd, hari ini saya mendapat tantangan berat tapi mereka para anggota dewan sudah senang kepada saya dan semua pertanyaan itu sudah terjawab. “Terkait lampu jalan, saya akan berusaha melaksanakan secara bertahap . Dan kalau hanya 100 juta tidak kelihatan dan kami tidak merobah dan menambah anggaran, kami juga tidak ada TTP Khusus dan setiap tiga bulan kami tata tergantung besaran anggaran yang ada.” pungkas mantan Kepsek SMU Negeri 1 Manado ini.

(ONAl GAMPU )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here