Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat Sangihe Melalui Pendidikan, Pj Bupati Sangihe Teken MoU Bersama UT

Sangihe315 views

Sangihe, jurnal6.com

Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Sangihe melalui pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe sepakat bekerja sama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Terbuka (UT) di Operation Room UT, Kamis (27/10/2022).

Penandatanganan dihadiri oleh Rektor Prof Ojat Darojat MBus PhD, Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT Rahmat Budiman SS MHum PhD dan Kepala Dinas Kominfo Ziefried Harikatang.

Rektor Ojat Darojat dalam sambutanya menyampaikan, nota kesepahaman menjadi penting sejalan dengan pernyataan Presiden Soeharto 38 tahun lalu terdapat 3 mandat utama yang diberikan pada UT yaitu, untuk pemerataan akses pendidikan tinggi di seluruh pelosok masyarakat, memberikan kesempatan bagi orang-orang yang sudah bekerja untuk meningkatkan kualifikasi ke jenjang yang lebih tinggi tanpa hambatan serta untuk meningkatkan daya tampung Perguruan Tinggi Negeri.

“Kami berharap, UT bisa menjadi solusi dan perekat bangsa. Terlebih dengan disahkannya Peraturan Pemerintah No 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum Universitas Terbuka (PTN-BH UT), maka UT sangat mengedepankan kualitas layanan pendidikannya untuk menjadi perguruan tinggi yang maju, berkembang, dan terpercaya. Dengan PTNBH, UT berkomitmen untuk menjadi better, cheaper, faster,” tegas Rektor.

Sementara itu Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menjelaskan, maksud Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UT dan Kabupaten Sangihe untuk meningkatkan kompetensi SDM Kabupaten Sangihe khususnya bagi para aparatur negara, juga bagi lulusan SLTA dan SMK yang mengalami persoalan biaya melalui pendidikan.

“Kerjasama ini menjawab persoalan masyarakat Sangihe dengan struktur geografis yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan dengan mata pencaharian sebagai nelayan, banyak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan tingkat tinggi. Jumlah lulusan SLTA dan SMK yang melanjutkan kuliah pun masih terbilang kecil, sehingga melalui anggaran 2023 Kabupaten Sangihe, menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi melalui UT,” kunci Tamuntuan. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *