oleh

Pemda dan FKUB Sangihe Terima Penghargaan Harmony Award dari Kementerian Agama RI

-Sangihe-53 views

Sangihe, Jurnal6
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sangihe, berhasil meraih Harmony Award Tahun 2020. Penghargaan ino diberikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Sumbangsih dan kontribusi pemerintah daerah bersama pihak-pihak terkait dalam pembangunan kehidupan dan kerukunan umat beragama jadi modal perolehan penghargaan tersebut. Sangihe merupakan satu-satunya Kabupaten dari Provinsi Sulawesi Utara yang menerima penghargaan ini.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil qoumas melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof DR Hj Nizar  MAg  menyerahkan penghargaan Harmony Award kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB Kabupaten Kepulauan Sangihe kepada Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Ketua FKUB Pdt A Makasar MTh. 

STA GINOSKO

Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kementerian Agama RI terhadap keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB dalam sinergitas membangun kerukunan Umat beragama di Perbatasan NKRI.

Terpilihnya Kabupaten Sangihe dan FKUB sebagai penerima penghargaan Harmony Award adalah wujud kerja keras Pemerintah dan tokoh lintas Agama, serta masyarakat dalam membina kerukunan umat beragama di kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB wajar mendapatkan penghargaan Harmony Award. Ini adalah hasil penilaian tim indenpenden dari eksternal Kemenag RI. Penghargaan yang didapatkan Kabupaten Kepulauan Sangihe berdasarkan  penilaian objektif  dan realistis  tidak ada interfensi dari siapapun, betul-betul murni. Kerukunan antar umat beragama antar pemeluk agama dengan agama lain terpelihara, berdampingan dan menjujung tinggi toleransi antar semua golongan ditengah masyarakat Kabupaten Sangihe. Itu sebabnya Pemda dan FKUB mendapat penghargaan Harmony Award dari Kemenag RI, ” kata Kepala Pusat Kerukunan Umat beragama  Kementerian Agama RI DR. Nifasri MPd.

Menteri Agama melalui Skertaris Jenderal Kemenag  Prof DR Hj Nizar MAg dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB atas capaian dan prestasi yang diraih.

 “Penilaian ini adalah objektif bedasarkan indikator – indikator penilaian sebagaimana keberpihakan Pemda dalam konteks menjaga kerukunan umat beragama dari sisi Regulasi maupun dari bantuan-bantuan finansial menunjang operasional FKUB memperkuat toleransi dan keharmonisan dalam mengawal kerukunan umat beragama di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ungkap Sekjen Kemenag RI.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyampaikan terima kasih atas penghargaan Kementerian Agama RI terhadap capaian dan prestasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB dalam membangun kebersamaan Kerukunan Umat Beragama ditengah Bangsa dan Negara, khususnya Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dalam hajatan Umat Muslim penyelenggaraan MTQ Bupati tetap minta dan bermohon pelaksanaan MTQ tetap dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe pada tahun 2022.

“Saya berterima kasih, berkat kebersamaan dalam terciptanya suasana yang kondusif, aman, tentram, dan damai, hubungan kekerabatan kerja sama antar umat beragama, tokoh – tokoh agama serta peran masyarakat memberikan nilai yang sangat baik bagi Daerah. Sehingga hari ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Forum Kerukunan Umat Beragama Menerima Penganugerahan Harmony Award Tahun 2020 dari Kementerian Agama. Didasari kualitas iman dengan penghayatan yang sungguh – sungguh serta pemahaman budaya yang baik, kiranya konsistensi ini dapat kita jaga dalam merekatkan kebersamaan antar umat beragama yang ada di Sangihe,” kata Gaghana. 

Sementara itu, Ketua FKUB Sangihe Pdt A Makasar dalam keteranganya mengakatan tentunya penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan kinerja FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan serta kerukunan umat beragama.

“Tentunya penghargaan ini merupakan buah kerja keras semua element yang ada dalam memelihara serta memupuk kerukunan beragama yang ada di Sangihe,” ungkap Makasar.

Turut mendampingi Bupati Kakanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Utara H Anwar Abubakar, SAg MPd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sangihe, Ketua Tim Penggerak PKK Dra. Hermin Ririswati Gaghana Katamsi, Pengurus bersama Anggota FKUB, Pimpinan Agama dan Kabag Kesra. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed