oleh

PDAM Sangihe Dapat Kucuran Dana Miliaran Rupiah untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih

-Sangihe-60 views

Sangihe, Jurnal6
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sangihe, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kembali mendapatkan kucuran dana dari APBN. Dana itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. 

Hal itu dibenarkan Direktur PDAM Sangihe, Novilius Tampi menyusul di realisasinya sejumlah paket pekerjaan di Tahun 2021. Dijelaskan Tampi, sedikitnya ada tiga paket pekerjaan yang saat ini memasuki proses tender untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe, paket pekerjaan tersebut sesungguhnya luncuran dari Tahun 2020 proyek bencana akibat Covid19 terlealisasi tahun 2021.

STA GINOSKO

“Sebetulnya proses itu sudah dari tahun kemarin. Mungkin ada terhalang oleh Covid-19 jadi baru terlealisasi di tahun ini. Bulan Februari ini sudah ada kepastian akan dilelang. Ada tiga peket pekerjaan yaitu pembangunan IPA Pelelangen kurang lebih 11 miliar rupiah, jaringan pipa dari Pelelangen ke Hesang dan pelayanan Kampung Hesang dan lain-lain itu kurang lebih 5 miliar rupiah. Hiung pasca bencana kurang lebih 3 miliar rupiah. Jadi sudah dalam proses tender dari Balai Wilayah Sungai Cipta Karya Provinsi,” ungkap Tampi. 

Lanjut dikatakannya, beberapa wilayah Kampung mendapatkan Proyek air bersih di antarnya Kampung Pelelangen, Kampung Hesang dan Hiung teranggarkan melalui dana APBN. Sementara di Kota Tahuna pengerjaan penggantian instalasi pengolahan air di wilayah Tahuna Barat pembangunan jalur khusus Rumah Sakit Liun Kendage Tahuna melalui dana APBD.

“Ada dua paket dilelang di Kabupaten, yaitu penggantian pipa distribusi untuk wilayah Tahuna barat. Keluhan masyarakat kemarin Kolongan Akembawi  dan Kolongan Beha itu ada penggantian pipa dan jalur khusus Rumah Sakit untuk nominalnya kita belum tau persis tapi mungkin dalam waktu dekat akan di lelang,” katan Tampi. 

Direktur PDAM memastikan terlealisasinya berapa paket pekerjaan di Tahun 2021 menjawab keluhan masyarakat terhadap kebutuhan air bersih.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed