oleh

Bentangkan Bendera Sepanjang 545 Meter di Perbatasan RI-Filipina, Gaghana: Patut Kita Apresiasi

-Sangihe-98 views

Sangihe, Jurnal6
Semangat Nasionalisme digelorakan pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) di perbatasan Filipina. Itu dilakukan dengan kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 545 meter di sepanjang pesisir Kampung Nanedakele- Tinakareng, Kecamatan Nusa Tabukan. Kegiatan yang diprakarsai Polsek Tabukan Utara dan didukung pemerintah dan masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan, dihadiri Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME bersama Forkopimda.

Rombongan Forkopimda berangkat ke Pulau Tinakareng melalui Pelabuhan Petta di Kecamatan Tabukan dengan menggunakan perahu speed Sea Raider milik TNI AL. Turut dalam rombongan tersebut Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP, Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Yulis Andreas Lorentius Siburian, M Tr Hanla MM, Kapolres Kepulauan Sangihe AKPB Tony Budhi Susetyo SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Yunardi SH MH, Camat Nusa Tabukan Marwan Nikiulu  SSos MSi, Personil Satgas Pamputer Kodim 1301/Sgh, Personil Ramil 1301-07/Tabut dan Anggota Polsek Tabukan utara.

STA GINOSKO

Kedatangan seluruh rombongan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe disambut oleh nelayan dengan iring-iringan menggunakan perahu tradisional Pamboat dan Pajeko. Setibanya di Kampung Tinakareng rombongan disambut dengan tarian adat masyarakat Tinakareng.

Selanjutnya dilakukan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 545 m di sepanjang pesisir pantai Tinakareng yang dilakukan oleh Forkopimda dan seluruh masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan. 
Gaghana, dalam sambutannya mengatakan, momentum HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini sebagai langkah untuk lebih meningkatkan kemajuan daerah dan kebangkitan dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Itu juga  mengguggah semangat Patriotisme dan kecintaan tehadap persatuan dan kesatuan Bangsa demi menjaga keutuhan NKRI di wilayah perbatasan.

“Kreatifitas masyarakat dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 545 meter di Pulau Nusa Tabukan ini, patut kita berikan apresiasi. Ini merupakan sejarah pertama kalinya pembentangan Bendera Merah Putih di perbatasan wilayah NKRI-Filipina. Hal ini merupakan bukti bahwa nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air Indonesia cukup kuat tertanam pada masyarakat perbatasan, khususnya masyarakat Nusa Tabukan,” kata Gaghana.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Sangihe AKPB Tony Budhi Susetyo SIK mengatakan, mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, dan inilah wujud kebersamaan pemerintah daerah, TNI-Polri dan Forkopimda untuk sama2 mempertahankan NKRI,” ungkap Susetyo.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed