oleh

Bupati VAP Pimpin HUT Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi

-Minut-81 views

Jurnal6, Minut – Pelaksanaan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun 2020 di seluruh daerah di Indonesia di lakukan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pendemi Covid-19, termasuk Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pasalnya, upacara yang dimulai tepat pukul 09.00 Wita dimana Bupati Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dan Komandan Upacara Kapt Inf Sunaryo ini, jumlah peserta dan undangan yang hadir pun dibatasi.

Sebab dimasa Pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan upacara harus mengutamakan protokol kesehatan. Bahkan biasanya upacara digelar di lapangan kantor bupati yang luas di belakang kantor bupati, namun tahun 2020 ini digelar di lapangan depan kantor bupati dimana ukurannya hanya separuh dari lapangan belakang kantor bupati.

Pembatasan ini terlihat dimana Pasukan Pengibar Bendera terdiri Formasi 17 merupakan formasi pengiring atau pemandu, yang berbaris paling depan. Kemudian Formasi 8 adalah formasi inti yang berada di belakang formasi 17.

Formasi 8 ini berisikan pembawa baki bendera, pengibar bendera, dan sejumlah pendamping dan pelengkap. Sedangkan formasi 45 disebut formasi pengawal, berbaris di belakang formasi 8. Semuanya berjumlah 68 orang. Namun saat ini, tinggal formasi 4 orang, 3 pengibar bendera dan 1 pemimpin kelompok pengibar.

Pengurangan jumlah anggota Paskibraka ini dikarenakan, peringatan HUT RI yang ke-75 kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga untuk menerapkan protokol kesehatan maka petugas upacara Hari

Hanya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minut, yakni Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari Airmadidi, Ketua Pengadilan Negeri Armadidi, Kapolres Minahasa Utara, Kapolresta Manado, Dandim 1310 Bitung, Dandim 1309 Manado. Selanjutnya Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah dan Kepala Perangkat Daerah.

Kemudian Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Camat, Direktur RSUD Maria Walanda Maramis, Dirut PUD Klabat, Dirut PDAM. Kepala BPS Minahasa Utara, Kepala BPN Minahasa Utara dan Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Utara. Peserta upacara pun dibatasi juga, baik TNI, Polri maupun Kopri Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengibar bendera merah putih dipercayakan kepada Natanael Tamara, Bernard Kolondam dan Mishalya KW Ombuh dan pemimpin kelompok Vicky Panambunan. Pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Denny Lolong, doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Minut.

Usai upacara, dilanjutkan foto bersama Forkopimda dengan mengikuti protokol kesehatan. (PaulWo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed