15 Juli Serentak Coklit di Minut

Minut406 views

Maskot si Coklit Minut

Minut, Jurnal6
Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap data pemilih, segera dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Kegiatan itu serentak dimulai pada Rabu 15 Juli 2020. Ini dilakukan untuk memantapkan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020.

Dijelaskan Kepala Devisi (Kadiv) Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Minut, Hendra Lumanuw, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan proaktif melaksanakan Coklit.

“Nantinya petugas yang melakukan pencocokan dan penelitan akan mendatangi masing-masing rumah pemilih untuk melakukan pencocokan secara langsung berdasarkan data yang telah diolah oleh KPU sebelumnya,” kata Lumanauw.

Demi menjaga kenyamanan dan keamanan petugas maupun masyarakat di masa pandemi Covid-19, semua petugas akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD)

“Petugas yang akan mendatangai rumah-rumah penduduk akan memakai atribut lengkap, yakni tanda pengenal dan APD,” katanya.

“Oleh karena itu masyarakat jangan takut dan mohon untuk dapat menerima petugas agar bapak dan ibu dapat melaksanakan hak memilih dengan nyaman dan tanpa hambatan,” imbuhnya.

Dikatakannya juga, kegiatan Coklit, penting, agar ada keselarasan antara tempat tinggal pemilih dengan TPS terdekat dengan tempat tinggal pemilih.

“Manfaat lain dari kegiatan ini adalah agar nama-nama yang belum terdaftar dapat didata dan diinput agar data pemilih menjadi data terkini,” paparnya.

Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Tahapan Pilkada, kegiatan Coklit ini akan dilakukan hingga Tanggal 13 Agustus 2020. Nantinya setiap TPS akan memiliki satu PPDP. Total TPS yang ada di Kabupaten Minahasa Utara adalah 476 TPS.(rul/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *