oleh

Rapid Test Desa Koltem, Satu Orang Reaktif

-Minut-85 views

Salah seorang warga Koltem yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat melakukan Rapid Test.(foto: ist)

MINUT, JURNAL6
Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Minut dan petugas PKM Kolongan Tim Relawan Covid-19 Desa Kolongan Tetempangan Kecamatan Kalawat Minut sukses melakukan Rapid Test terhadap tiga warga yang diduga memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kamis (25/06)2020. Mereka masing-masing JE (58), Y (56) dengan hasil non reaktif, sedangkan FE (24) dengan hasil reaktif. Ketiganya sering makan bersama dengan pasien positif yang saat ini sudah diisolasi dan mendapat perawatan di rumah sakit.Hal ini dilakukan menyusul ditemukannya seorang warga jaga delapan atas nama LS alias Simajuntak (40-an) Karyawan PLN Sario Manado yang secara kooperatif langsung melaporkan dirinya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut salah satu Tim Relawan Desa Koltem Yolanda Sorongan mengatakan, Simajuntak pada tanggal 17 Juni melakukan rapid test dengan hasil reaktif, kemudian keesokan harinya dilakukan Swab dan pada tanggal 20 hasilnya dinyatakan positif.

“Yang bersangkutan langsung  menelpon saya untuk melaporkan hasil test sekaligus dirinya telah melakukan isolasi mandiri di rumah sejak tanggal 18 sementara menunggu hasill SWAB,” terang Sorongan yang juga adalah Kepala Jaga Delapan.

Tim relawan langsung membantu untuk proses penjemputan untuk mengisolasi dan merawat LS di rumah sakit.

Terpisah Ketua Tim Relawan  Desa Koltem Demas Kasegel mengaku tindakan antisipatif langsung dilakukan oleh tim mengingat penyakit ini sangat mudah berjangkit dan sangat berbahaya apalagi yang diserang memiliki penyakit bawaan lainnya.

“Kami bekerjasama dengan tiga orang petugas PKM Kolongan yang juga tim relawan kecamatan serta dua dari orang dari Dinas Kesehatan Minut untuk melakukan rapid test terhadap tiga orang kontak erat. Ketiganya saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya sampai diperoleh hasil SWAB yang akan dilakukan kemudian,” jelas Kasegel.

Ditambahkan Kasegel semua keperluan ketiga orang kontak erat mulai dari gas sampai keperluan sembako selama masa isolasi disediakan oleh tim relawan.Senentara itu Kadis Kesehatan Minut dr Allan Beiyah membenarkan adanya rapid test tergadap ketiga orang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Desa Koltem.

“Hasilnya satu orang reaktif, dua orang lainnya non reaktif. Mereka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan SWAB Test,” pungkas Beiyah.(Paul Wo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed