Dampingi Menteri Pertanian, VAP Ajak Warga Minut Berkebun

Minut226 views

Bupati Minut Dr (HC) Vonnie Aneke Panambunan STh bersama Gubernur Sulut  Olly Dondokambey SE saat mendampingi Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo usai menanam Kedele.(foto: ist)

AIRMADIDI, JURNAL6
Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Dr (HC) Vonnie Aneke Panambunan STh mengajak warga Minut untuk berkebun menanam apa saja terutama pangan padi, jagung dan Kedele. Hal tersebut dikatakannya saat mendampingi Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Sahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Minut dan melakukan penanaman Kedele bersama dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE Selasa (21/4/2020), di Desa Kolongan Kecamatan Kalawat Minut.

“Di tengah Pandemi Covid-19 ini saya mengajak warga Minut untuk berkebun, karena dengan demikian warga akan dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Tanam apa saja, terutama padi jagung dan kedele,” tukas bupati dermawan ini.

Lanjut dikatakannya, Pemkab Minut berterima kasih atas kunjungan Menteri Pertanian yang dapat memacu semangat para petani untuk ikut menjaga ketahanan pangan dengan berkebun.  Kunjungan Menteri Pertanian ini mengairahkan petani Minut sehingga sektor pertanian di Minut maju pesat mensejahterakan kelompok tani dan warga.“Saya percaya Minut pasti diberkati, dan kita bisa lalui situasi Covid 19 ini,” imbuh VAP.

Kesempatan yang sama, Menteri Pertanian RI Sahrul Yasin Limpo mengatakan siap membantu apa saja kepada petani di Sulut termasuk di Minut.

“Kami diminta oleh Presiden untuk memberikan backup yang kuat terhadap daerah. Hari ini kami ingin menjamin bahwa salah satu komoditi yang harus tetap tersedia adalah kedele. Ratusan ribu hektar akan kita gelar untuk ditanami bersama gubernur, bupati dan para pengusaha untuk mendorong daerah ini untuk dapat berproduksi lebih baik lagi,” terang Menteri Pertanian.

Lanjut dikatakan, penanaman ini dilakukan agar kita tidak bergantung lagi dari import kedele.“Saya juga bangga karena di sulut Pala kita tetap produksi dan diimport menuju Amerika dan Eropa hanya dua negara yang lockdown yakni Itali dan India. Karena itu saya berterima kasih kepada gubernur dan bupati yang telah bekerja dengan baik sehingga  komoditi ini tetap berproduksi,” tambah Limpo.

Sementara itu untuk hal-hal teknis baik bantuan dan penanaman akan kita bicarakan dengan gubernur untuk memenuhi target.Kunjungan Menteri ini didampingi pejabat kementrian pertanian para dirjen dan staf.

Sementara itu Bupati Minut didampingi oleh Plh Sekda/Asisten II Minut Drs Allan Mingkid dan Kabag Humas dan Protokol Chresto Palandi SSTP MSi. (Paul wo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *