Satuan Pengamanan Unsrat Diberikan Pelatihan untuk Kerja Profesional

Manado321 views

MENJADI garda terdepan untuk menjaga keamanan dan stabilitas kampus, puluhan satuan pengamanan Unsrat diberikan pendidikan dan pelatihan untuk selanjutnya mendapat Sertifikat Pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama, Senin, 25 September 2023 di rektorat Unsrat.

Rektor Unsrat yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Ronny Maramis SH MH mengingatkan kembali pentingnya kerja professional yang harus dilakukan.

“Milikilah rasa tanggungjawab dalam bertugas sehingga kepercayaan yang diberikan bisa dilakukan secara professional,” tuturnya.

Sebagai tenaga Satpam yang bersertifikat, diapun mengatakan disiplin dengan etos dan etika kerja yang baik akan sangat membantu pengembangan kampus Unsrat sebagai yang berstatus sebagai Badan Lembaga Umum (BLU) Unsrat.

Lanjut Maramis, untuk menjadi seorang satuan keamanan atau satpam tidaklah mudah, karena harus menjalani serangkaian prosedur resmi untuk bisa diakui sebagai satpam, salah satunya pelatihan satpam. Satpam memiliki tugas pokok menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

“Satpam juga befungsi melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya. Sebelumnya masyarakat identik mengenal satpam dengan warna biru dan putih. Tapi kini telah berganti menjadi warna cokelat, menyerupai seragam polisi,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota satpam berperan sebagai unsur membantu pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja dan unsur membantu kepolisian negara di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan di lingkungan kerjanya. Maka dari itu kini satpam harus menjalani pelatihan satpam terlebih dahulu.

“Pelatihan satpam merupakan rangkaian proses pembentukan untuk mendapatkan keahlian, pengetahuan tentang tugas dan peraturan, serta pembentukan sikap seorang tenaga satpam, guna meningkatkan performa serta kinerjanya.

Ijazah dan KTA (Kartu Tanda Anggota) satpam merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh setiap satpam. Untuk mendapatkannya harus melewati rangkaian pelatihan satpam yang diselenggarakan oleh kepolisian.

“Gada Pratama (Dasar) Pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan Interpersonal Skill; Etika Profesi; Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri; Pengenalan Bahan Peledak; Barang Berharga dan Latihan Menembak; Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya; Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol; Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan. Saya berharap, pengetahuan ini dapat meningkatkan keahlian para satpam di Unsrat untuk menjadi lebih professional dalam bekerja,” pesannya. (*lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *