Lava Panas Muncul di Pemukiman, Rumah Warga Terbakar, Gunung Ruang Kembali Erupsi

Tagulandang, Jurnal6.com

Gunung Ruang kembali erupsi. Gunung api yang terletak di Tagulandang itu meletus pada Pukul 02.00 Wita. Warga Tagulandang yang baru saja kembali dari tempat pengungsian kembali panik.

Kali ini erupsi Gunung Ruang disertai dengan muntahan lahar panas yang cukup besar. Lava berwarna merah keemasan terlihat mendidih dan melontarkannya hingga puluhan meter dari mulut gunung. Itu dapat terlihat secara kasat mata dari seberang pulau.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, lava panas itu terlontar hingga ke wilayah pemukiman warga. Hingga saat ini sudah 1 rumah permanen yang terbakar karena muntahan lava panas. 

Peristiwa lontaran lava panas itu memgenai rumah warga yang letaknya di samping SMP 1 Tagulandang. Rumah warga yang terkena lava panas langsung terbakar.

Lontaran lava panas ini membuat warga Tagulandang khawatir. Sebab, jika volume lava yang terlontar di wilayah pemukiman semakin banyak,, dikhawatirkan akan membakar banyak rumah di Tagulandang.

“Bantu kami dalam doa agar kami selalu ada dalam lindungan Tuhan Yesus,” pinta Netty Adrian, warga Tagulandang.

Sementara itu, BMKG Samratulangi Manado dalam siaran resminya menjelaskan bahwa letusan Gunung Ruang melontarkan abu vulkaniknya hingga 10 kilometer.

Dijelaskan pula bahwa abu vulkanik Gunung Ruang terbawa angin ke arah Barat. Itu berarti abu vulkaniknya akan jatuh di wilayah Biaro, Minahasa Utara, Manado, Tomohon, Minahasa dan bahkan akan mencapai Kabupaten Minahasa Selatan.(jrl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *