Unsrat Raih Juara 3 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2023

Manado271 views

TIM debat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menjadi juara 3 dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang diselenggarakan di Universitas Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten bekerjasama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Mereka berhasil menorehkan prestasi terbaik dari 112 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Sebanyak 112 universitas terbaik di Indonesia yang telah melalui tahapan seleksi di tujuh wilayah yang terdiri atas 15 LLDIKTI turut berpartisipasi.

Ada tiga mahasiswa yang mewakili Unsrat terdiri dari 1 tim pendebat (2 orang), Steve Christofel Monintja dan David Christian Bong, lalu 1 juri institusi, Rio Wahyudi Van Gobel.
Steve Monintja merasa sangat bersyukur, senang, sekaligus berbangga karena bisa merepresentasikan Unsrat di KDMI 2023 dengan meraih juara III di divisi B.

“Hal yang sangat menggembirakan karena ini merupakan kali pertama bagi Unsrat untuk meraih juara di KDMI tingkat nasional divisi B,” tutur Steve Monintja, Senin (25/9/2023).

Kata mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat ini, selama mengikuti perlombaan tidak ada kendala yang signifikan karena pihak Unsrat memberikan akomodasi yang lengkap, sehingga mereka bisa fokus dalam berkompetisi. Selain itu panitia juga sudah melaksanakannya dengan sangat baik sehingga berjalan lancar.

Ia berharap KDMI ini terus dilaksanakan oleh Kemendibudristek RI karena kegiatan ini melatih mahasiswa untuk berpikir kritis dan solutif dalam membangun argumen yang kuat. Selain itu, kegiatan ini juga membuka banyak perspektif antar-mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Yang mana ini menambah wawasan dan menumbuhkan sikap toleransi yang tinggi untuk bisa saling menghargai perbedaan pendapat,” ucapnya.

KDMI merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek untuk mewadahi talenta mahasiswa di bidang debat.

Kegiatan dimulai pada bulan Mei dengan 3 proses seleksi yang sangat ketat. Proses seleksi dimulai dari tingkat perguruan tinggi yang diadakan secara offline pada tanggal 24 Mei 2023, dilanjutkan dengan proses seleksi tingkat wilayah secara online pada 18 s.d 20 Agustus 2023.

Puncak kegiatan KDMI adalah seleksi nasional di Auditorium Untirta Sindangsari pada 12 s.d 18 September 2023.

Dalam kompetisi tersebut Juara II adalah Tim Universitas Udayana (Unud). Adapun Juara II adalah Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).
Rektor Unsrat Prof Sompie yang menerima tim Unsrat usai mengikuti kegiatan mengungkapkan rasa bangganya dengan prestasi yang dicapai.

“Salut untuk kalian, dan teruslah mengembangkan diri sehingga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya juga untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depan. Banyak selamat mahasiswa juga untuk Unsrat yang kembali diharumkan namanya di tingkat nasional,” tutur Rektor. (*lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *