Pilrek Berjalan Aman dan Lancar, Prof Berty Sompie Raih Suara Terbanyak

Manado189 views

PROSESI pemilihan Rektor Universitas Sam Ratulangi (Pilrek Unsrat) periode 2022-2026 berlangsung di aula Rektorat Unsrat, pada Rabu (14/12/2022) terlaksana aman dan lancar tanpa kendala yang berarti.

Dukungan civitas akademika Unsrat, khususnya jajaran senat dan Kemendikbudristekdikti berhasil memilih calon rektor yang menempatkan Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng dengan perolehan suara terbanyak.

Pemilihan yang dilangsungkan secara tertutup itu, Prof Sompie unggul dengan perolehan 73 suara, diikuti Prof Dr Ir Fabian Johanes Manoppo, M.Agr sebanyak 17 suara dan Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung, M.Sc sebanyak 16 suara, sehingga total keseluruhan 106 suara.

Dari total 106 suara tersebut disumbang oleh 69 suara senat Unsrat dan 35 persen suara dari Mendikbudristekdikti yang diwakili Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemendikbudristekdikti, Prof Dr Ir M Faiz Syuaib, M.Agr.

Faiz hadir langsung untuk menyaksikan jalannya pemilihan dan pemberian suara. Dia menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh senat Unsrat yang dapat menyelenggarakan pilrek dengan baik. “Terima kasih kepada seluruh senat Unsrat yang telah melaksanakan proses pemilihan dengan baik dan lancar,” tukasnya.

Dia juga menyatakan akan melaporkan jalannya pemilihan, kepada Mendikbudristekdikti Nadiem Makarim. Selanjutnya rektor terpilih akan ditetapkan sebagai rektor definitif.

“Proses pemilihan rektor yang berlangsung aman dan lancar ini akan saya laporkan kepada Pak Menteri Nadiem Makarim untuk kemudian ditetapkan dan dilakukan pelantikan sebagai rektor definitif,” tandasnya.

Plt Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSC DEA, berharap proses pemilihan yang berjalan lancar, dan sesuai perolehan suara mutlak diraih Prof Sompie dapat diterima semua pihak.

“Proses pemilihan rektor Unsrat sudah selesai dan berjalan dengan baik. Kita doakan bersama semuanya dapat berlangsung lancar sampai tahapan pelantikan,” katanya.

Prof Berty Sompie, yang meraup suara signifikan juga menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan.

“Puji syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah menyertai proses pilrek Unsrat dengan lancar,” ujarnya.

Mendapat kepercayaan sebagai rektor Unsrat, Sompie menyampaikan akan secepatnya menyesuaikan diri dan beradaptasi. Untuk kemudian melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA.

“Untuk saat ini, adalah menyesuaikan diri. Kemudian melanjutkan program kerja yang ditinggalkan Prof Ellen Joan Kumaat untuk membawa Unsrat semakin maju,” tukasnya.(lla*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *