STA Ginosko Gelar Kuliah Hybrid di Tengah Pandemi Covid-19

STA Ginosko558 views

Airmadidi, Ginosko
Hampir semua perguruan tinggi di Sulawesi Utara, telah menggelar kuliah dalam jaringan (Daring). Hal ini dilakukan sejak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menghantam Indonesia.

Salah satu perguruan tinggi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang melaksanakan kuliah daring adalah Sekolah Tinggi Alkitab (STA) Ginosko.

Tidak hanya kuliah Daring, namun STA Ginosko sudah mampu melaksanakan juliah dengan sistem hybrid. Kuliah sistem hybrid sudah mulai dilaksanakan pada kegiatan kuliah mahasiswa program Strata 2 (S2).

Kuliah hybrid ini yakni, setengah mahasiswa mengikuti kuliah daring, setengahnya lagi mengikuti kuliah langsung di ruang kuliah Kampus STA Ginosko. 

Namun, jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada di level tinggi, STA Ginosko menggelar kuliah full Daring.

Menurut Ketua STA Ginosko, Dr JF Kaawoan MTh PhD, melalui Direktur Pascasarjana, Dr Sarah Ferneyanan MTh, kuliah hybrid dilakukan karena Provinsi Sulawesi Utara masih sementara berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

“Saat ini kita belum bisa melaksanakan kuliah full di dalam ruang kuliah, karena masih pandemi Covid-19. Jadi, kami melaksanakan kuliah dengan sistem hybrid, yakni, sebagian mahasiswa mengikuti kuliah secara langsung, sebagiannya lagi kuliah melalui zoom dalam waktu bersamaan,” kata Sarah Ferneyanan, Rabu (23/2/2022).

Dijelaskan Doktor Teologi ini, kuliah dengan sistem hybrid mampu memenuhi jadwal mata kuliah di tiap semester yang telah diprogramkan.

“Jadi, dengan sistem kuliah hybrid, semua mahasiswa bisa mendapatkan semua mata kuliah dalam program studi masing-masing jurusan,” imbuhnya.

Sejumlah mahasiswa STA Ginosko mengaku bahwa kuliah sistem hybrid telah menjadi jalan keluar paling ampuh di tengah pandemi.

“Iya. Dengan kuliah sistem hybrid, kami bisa mengikuti kuliah secara langsung di kampus maupun secara daring dari rumah. Tergantung dari kondisi wilayah masing-masing soal PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat),” aku Oral Makese dan diaminkan Meitha Lumentut, Soleman Ngangi, Romana Pesak, mahasiswa Pascasarjana STA Ginosko.

STA Ginosko adalah salah satu perguruan tinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Perguruan tinggi yang kampusnya terletak di Jalan Arnold Mononutu, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara ini, telah menelorkan banyak sarjana teologi.

Banyak dari alumni STA Ginosko telah menjadi pemimpin jemaat yang berhasil dalam pelayanan pastoral maupun akademisi di Indonesia.(rul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *