Dihantam Pandemi Covid-19, Unsrat PTN Pertama di Indonesia Timur Raih Akreditasi Unggul

Manado101 views

Manado, Jurnal6.com – Penghujung Tahun 2021, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Akreditasi Unggul.

Capaian ini berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 937/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 Tahun 2021, tertanggal 26 Oktober 2021.

Prestasi ini sangat membanggakan, Unsrat menjadi Perguruan Tinggi Ke-13 di Indonesia dan PTN pertama di kawasan Indonesia Timur (KTI) yang terakreditasi unggul dari BAN-PT.

Selama 8 tahun kepemimpinan dalam karya nyata rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc, DEA, Unsrat terbukti terus bersinar dengan gemilang. Arti dari akreditasi Unggul adalah ketika perguruan tinggi dinilai sangat baik dalam prestasinya dan telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Ini juga sekaligus mematahkan asumsi jika Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan semua sektor pembangunan termasuk pendidikan. 

Terbukti, meski dihantam badai covid yang hingga hari ini terus mendera, Unsrat  mampu bertahan dan mengukir prestasi. Capaian itu patut disyukuri dan dibanggakan. Hasil ini adalah bukti kerja nyata penuh integritas.

Kepemimpinan srikandi Unsrat, rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA harus diakui telah berhasil menyelaraskan seluruh komponen yang ada baik mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pimpinan, alumni, dan mitra kerja.

Di sisi lain, capaian  itu juga merupakan tantangan besar yang harus dihadapi dengan inovasi untuk memperkuat kapasitas universitas mewujudkan visinya.

Akreditasi unggul ini semakin memperkokoh Unsrat untuk mendapatkan pengakuan bahwa kampus Si Tou Timou Tumou Tou sebagai kampus terbaik di Indonesia sehingga menjadi incaran atau tujuan utama generasi muda untuk menimba ilmu pengetahuan. 

Kepercayaan publik terhadap Unsrat akan membawa implikasi luas. Bagi alumni, misalnya, pengakuan bahwa Unsrat adalah universitas yang unggul akan memberi akses yang lebih luas, baik dalam pengembangan karier, studi lanjut, maupun dalam kehidupan bermasyarakat.(lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *