oleh

Gaghana Sambangi BWSS l, Bahas Sumber Daya Air Pasca Bencana Alam

-Sangihe-14 views

Sangihe, Jurnal6 – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME bersama jajaran Pemda Sangihe Melaksanakan pertemuan dengan Pimpinan Balai Wilayah Sungai Sulawesi l (BWSS l) yang di terimah langsung oleh Kepala Balai ir Bastari M Eng, Rabu (10/02/2021).

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes E Gaghana mengatakan, Pertemuan tersebut membahas tentang permasalahan dan usulan program kegiatan bidang Sumber daya air, khususnya penanganan pantai, sungai pasca bencana alam dan kebutuhan air bersih terutama pada pulau – pulau di Kabupaten Sangihe yang rawan air bersih .

STA GINOSKO

“Rapat dengan Pimpinan Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 Ir Bastari, Kami membahas permasalahan penanganan pantai dan sungai pasca bencana dan program air bersih untuk beberapa pulau di Sangihe yang sulit akan kebutuhan air bersih,” kata Gaghana.

“BWSS 1 merespon baik atas koordinasi ini terkait apa yang menjadi permasalahan sehingga memprogramkan lanjutan pembangunan pengaman pantai teluk Tahuna dan penanganan pantai atau sungai kritis lainnya. Termasuk pembangunan Aquiger Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) dan pembangunan terminal air bersih untuk pulau yang sulit akan kebutuhan air bersih,” sambung Gaghana.

Ditambahkannya, BWSS 1 juga mengintruksikan bahwa untuk pembangunan pengamanan pantai teluk Tahuna (boulevard) yang merupakan aset Pemda Sangihe, namun karena kewenangan dan keterbatasan anggaran, aset tersebut dapat di tangani oleh Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi.

“Untuk Penanganan Operasi dan Pemeliharaan sebagian pembangunan pengamanan pantai teluk Tahuna (boulevard) yang merupakan aset pemda, karena kewenangan dan keterbatasan anggaran, pemda dapat membuat surat pernyataan ke Kepala BWSS I, bahwa aset Tersebut Dapat di tangani oleh Pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi I,” pungkasnya.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed