Jelang 9 Desember, KPU Minut Bekali 3.332 KPPS

Minut600 views

Minut, Jurnal6
Mendekati hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 131 KPPS Desa/Kelurahan se-Minut, ikut dalam Bimtek tersebut. Ditargetkan, Bimtek ini berlangsung selama 8 hari mulai dari tanggal 16 hingga 23 November.

Menurut Darul Halim, Komisioner KPU Minut, Bimtek ini dilaksanakan di masing-masing Korwil dan didamping oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap di seluruh Desa/Kelurahan.

“Mengejar target pelaksanaan Bimtek tersebut, kami komisioner KPU telah berkeliling di setiap kecamatan sesuai dengan Korwil masing-masing, bersama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), guna memberikan pemahaman tentang 15 hal baru di TPS nantinya dan teknis maupun simulasi pencoblosan dan penghitungan suara,” ujar Darul, Kepala Divisi (Kadiv) Teknis PenyelenggaraIni juga dalam rangka penyesuaian terhadap pilkada saat ini yang harus memperhatikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

“Di antaranya jumlah maksimal pemilih dalam satu TPS. Jika tadinya 800 kini dikurangi menjadi maksimal 500 orang. Sehingga harus ada penyesuaian dan pemetaan TPS yang baru,” tambah Hendra Lumanauw, Kadiv Sosparmas.

Menurut dia, perlunya bimtek ini tidak lain mengingat penyelenggaraan pemilu Tahun 2020 ada perbedaan dengan pemilu sebelumnya.

“Terutama terkait Kondisi Bencana Non alam sekarang ini yang kita alami bersama sehingga menuntut anggota KPPS untuk dapat melaksanakan tugas di TPS nantinya sesuai aturan yang ada di PKPU,” jelas Lumanauw.

Dikatakannya juga, kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti Physical Distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.(rul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *