oleh

Prakarsai Pelatihan Gratis, Sinedu: Hidroponik Jawaban Pertanian Alternatif

-Sangihe-22 views

Sangihe, Jurnal6
Sejumlah praktisi yang tergabung dalam Komunitas Hidroponik Sangihe, memprakarsai pelatihan gratis, dengan tajuk Sistem Menanam Hidroponik. Ferdy Panca Sinedu salah satu anggota komunitas Hidroponik menyatakan, jika program ini dilaksanakan untuk menjawab perkembangan pertanian di Kabupaten Kepulauan Sangihe, terlebih khusus alternatif pertanian seperti hidroponik.

“Ini adalah salah satu langkah real bagi kami, dan kami nilai lebihefektif jika dibandingkan harus belajar keluar, apalagi melihatpotensi pertanian di Sangihe,” ujar Sinedu.

Menurutnya, tanaman hidroponik sudah seharusnya dilirik, mengingat fungsinya mengatasi keterbatasan lahan, apalagi dikota-kota.

“Mungkin kalau dikampung, ada banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Tapi, hal itu tentu tidak menjadi alasan bagi orang kota untuk tidak menanam, meski kekurangan lahan, maupun terkendala dengan faktor aktivitas yang padat,” lanjutnya.

Apalagi kata Sinedu, dalam teknis pengurusan Hidroponik, petani tidak harus melakukan pembersihan hingga pemeliharaan lahan, tapi tinggal memperhatikan kandungan nutrisi dalam hidroponik.

“Jadi memang tidak menyita tenaga dan waktu yang besar. Dengan sedikit tenaga, kita bisa memaksimalkan pertanian, sekalius efektif dan bekerja,” ujarnya.

Dia pun membeberkan, hingga hari ini Komunitas Hidroponik Sangihe sudah memiliki 18 titik pertanian yang semuanya berhasil, bahkan sudah bisa mensuplai kebutuhan pasar.

“Untuk pasar Tamako, hingga hari ini sudah bisa mensuplai bayam dan sejumlah tanaman lain hingga seratus ikat. Selain itu, suplai dari tim juga sudah menyasar pasar Naha, dan Petta, Yang kurang hanya Manganitu dan Manalu,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, ke depan pihaknya akan mengkampanyekan lebih jauh lagi perlunya alternatif menanam di kota-kota, apalagi untuk mengatasi pandemi COVID-19.

“Setidaknya program-program yang digagas Komunitas, bisa menjadistimulan bagi Dinas terkait, untuk lebih membudi-dayakan Hidroponik.Harapan kami, tentu agar Kabupaten Sangihe dapat menjadi lumbung tanaman-tanaman yang selama ini stoknya bergantung dari Manado, Jadi kita bisa swasembada untuk kebutuhan sayur dan tanaman lain. Untuk tujuan itu, Komunitas Hidroponik Sangihe selalu terbuka untuk bekerja sama,” pungkasnya. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed