oleh

Lonjakan Penumpang Kapal Terus Terjadi, Muhaling: Kewenangan Ada di Gugus Provinsi

-Sangihe-35 views

Sangihe, Jurnal6
Beberapa pecan terakhir ini, lonjakan penumpang kapal khususnya dari Manado ke Pelabuhan Tahuna Kabupaten Sangihe terus mengalami peningkatan yang siginifikan. Bahkan dari pantauan harian ini di area Palabuhan Nusantara Tahuna, penumpang yang turun dari atas kapal sudah melebihi kapasitas dan disinyalir tidak mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini pun tak ditepis Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Mokodompis Muhaling SIP MM ketika dikonfirmasi Selasa (07/07/2020).  Dikatakannya, selang beberapa pecan terakhir lonjakan terjadi diperkirakan mencapai 400-an penumpang turun di Pelabuhan Nusantara Tahuna.

“Jadi memang saat ini penumpang yang melonjak atau membludak merupakan penumpang dari pelabuhan Manado. Dan kalau soal kewenangan, itu ada di Tim Gugus Provinsi. Karena kami di pelabuhan Tahuna Gugus angkutan laut khususnya di pelabuhan Tahuna dikoordinir oleh Danlanal Tahuna,menerima penumpang yang dari pelabuhan  Manado,” ujarnya. 

“Sedangkan koordinasi kami lewat tim Covid Provinsi maupun pelabuhan Manado, mereka juga akan berupaya melaksanakan sesuai dengan intruksi danprotokol Covid-19,” sambungnya.

Dirinya pun menjelaskan, terkait pengaturan penumpang di tengahCovid-19 khusus angkutan laut mengacu edaran Dirjen Perhubungan Laut RI diantaranya, mengatur jarak dan menjaga kebersihan armada angkutan laut.

“Dalam rangka menyesuaikan dengan kondisi tatanan hidup baru atau new normal, khusus angkutan laut ada edaran dari Dirjen Perhubungan Laut yang terakhir. Dimana tidak ada menyebut berapa persentase untuk kapasitas angkutan laut, didalamnya hanya tercantum point bahwa mengatur sesuai protokol Covid-19. Dan di dalam protokol Covid-19 adalah mengatur jarak, memakai masker serta mencuci tangan. Dalam pengertian mengatur jarak ini, tentunya pengaturan muatan penumpang diatas kapal dalam artian sepanjang kapal bisa memuat sesuai dengan aturan protokol maka kami layani pemberangkatannya,” jelasnya.

Ditambahkannya, yang pasti pelayanan penumpang kapal dari pelabuhan Tahuna ke Pelabuhan Manado dan Sekitarnya diupayakan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Sesuai komunikasi dengan penyedia jasa, kedepan bakal menjejaki kembali kerjasama dengan perusahaan lain untuk pelayaran Tahuna-Manado dan sebaliknya. Kami juga berharap penyedia jasa maupun penumpang,tetap memperhatikan protocol Covid-19 meskipun tengah memasuki era tatanan kehidupan baru sebagai upaya bersama memutus penyebaran virus korona,” pungkasnya.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed