oleh

Gedung DPRD Sulut Dilengkapi Fasilitas Distabilitas, AA Apresiasi Terobosan Sekretariat Dewan

Manado, Jurnal6
Sebagai fasilitas layanan publik, Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) sering dikunjungi masyarakat. Tak terkecuali dari kaum distabilitas. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Sekretariat DPRD.

Untuk memenuhi kebutuhan disabilitas, Sekretariat DPRD membangun fasilitas khusus. Itu dilakukan agar mereka bisa mengakses seluruh Kantor DPRD Sulut, termasuk akses untuk menemui para wakil rakyat. Hak untuk menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat pun bisa terpenuhi.

Terobosan pihak Sekretariat DPRD Sulut ini, mendapat apresiasi Ketua DPRD, Andri Angouw (AA) yang juga sebagai pembina anak-anak berkebutuhan khusus Provinsi Sulut.”Kantor DPRD adalah rumah rakyat. Siapa saja boleh datang termasuk mereka yang berkebutuhan khusus,” kata Angouw.

Sekertaris DPRD Sulut Bartholomeus Mononutu, menjelaskan, pembangunan akses bagi warga penyandang disabilitas atau mereka yang berkebutuhan khusus yang tidak bisa melewati tangga biasa, telah disediakan jalur khusus. Ini dilakukan agar di saat mereka datang ke kantor DPRD Sulut tidak lagi mengalami kesulitan.”Kantor DPRD telah menyiapkan jalur khusus. Saat ini pembangunannya sementara dirampungkan,” jelas Mononutu.

Mononutu menambahkan, selain akses bagi penyandang disabilitas, jalur khusus ini juga diperuntukkan ketika ada penanganan darurat gangguan kesehatan bagi Anggota DPRD ataupun staf yang membutuhkan jalur khusus juga ibadah pesemayaman jenazah yang berhubungan dengan kantor DPRD.

“Kesulitan membawa peti jenazah seperti pengalaman sebelumnya, ke depan tidak lagi, karena sudah disediakan jalur khusus,” ungkap Mononutu.

Dari pantauan wartawan yang meliput di kantor DPRD, Sekretariat DPRD terus melakukan beberapa penyempurnaan. Itu mulai dari pengamanan, juga ruang lingkup kantor yang saat ini suasanannya seperti dalam ruangan hotel, karena diperdengarkan musik instrumen sehingga suasana kerja semakin bersemangat.(stem/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed