oleh

Wabup Minsel Petra Rembang Saksikan Penandatanganan Pemanfaatan Fly Ash PLTU Amurang

-Minsel-121 views

Amurang, Jurnal6.com
Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Petra Yani Rembang, menyaksikan penandatanganan kerja sama pemanfaatan fly ash di perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Amurang.

Penandatanganan kerjasama itu dilaksanakan di lokasi PLTU Amurang yang dikelola PT PLN Persero, Jalan Trans Sulawesi, Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, Jumat (18/3/2022).

Petra Rembang, dalam sambutannya, memberikan apresiasi terhadap kerjasama antara PT PLN Persero, PT Semarak Adhi Karya dan PT Conch North Sulawesi Cement.

“Dengan adanya Kerjasama ini, boleh terjalin kemitraan dan dapat terus dikembangkan secara konstruktif sesuai ketentuan agar dapat memberikan sumbangsih positif untuk mendorong pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Petra Rembang.

Menurut Petra Rembang, PT PLN Persero dan PT Conch North Sulawesi, telah berkontribusi besar dalam pembangunan di Sulawesi Utara.

“Sebagai Pemerintah, kami memberikan apresiasi kepada PT PLN Persero yang selama ini telah berkontribusi dalam menyediakan energi listrik bagi masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan dan seluasnya masyarakat Sulawesi Utara. Terima kasih juga kepada PT Conch North Sulawesi Cement atas bantuan, dukungan dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini,” papar Petra Rembang.

Manager UPDK Minahasa, Andreas Arthur mengatakan, limbah Fly Ash dan Bootom Ash (FABA) adalah hasil pembakaran batu bara yang digunakan oleh PLTU Amurang untuk membangkitkan listrik.

Limbah itu dijadikan bahan baku utama semen. Bahkan, FABA ini bisa juga digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan batako, hollow-brick, paving blok dan lainnya.

Dalam kerja sama ini, PLTU Amurang menyediakan 50 ton FABA setiap hari, yang diangkut oleh PT Conch. PLTU Amurang, juga menyediakan 80 ton FABA yang ditampung untuk kebutuhan di daerah khususnya bagi pelaku UMKM.

Penandatangan Kerjasama ini dihadiri oleh Komandan Komando Resor Militer 131/ Santiago Manado, Brigadir Jenderal TNI Mukhlis SAP MM, dari Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Komandan DV Kolonel Jakobus, Kepala Bidang Konservasi Kota Tomohon Magda Kalalo, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Minsel Franky Tangkere, General Manager GM UIKL Sulawesi Munarwar Furqon, Senior Manager Pembangkitan UIKL Sulawesi I Putu Sudarsa, Pejabat Pelaksana Pengendali Lingkungan dan K3 Keamanan UIKL Sulawesi Edal Ilham, Manager UPDK Minahasa Andreas Arthur, Direkteur Semen Conch North Sulawesi Xing Ju Wen dan Direktur PT Semarak Adhi Karya Victor Tamsil.(rul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed