oleh

SK Pertama Ditandatangani Bupati Boltim: PAW Isterinya Sendiri!

-Manado-185 views

Manado, Jurnal6.com
Komitmen terhadap janji, menjadi barang mahal bagi sejumlah politisi tukang jual kecap. Biasanya, janji manis ditebar saat kampanye namun diingkari saat sudah mendapatkan jabatan dan kekuasaan.

Namun, hal ini tidak ada dalam diri seorang Sam Sachrul Mamonto, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Terbukti, saat dia duduk sebagai Bupati Kabupaten Boltim, hal pertama yang dia lakukan adalah “memecat” isterinya sebagai anggota DPRD Boltim.

Tidak hanya itu, namun gebrakan yang dilakukan Sachrul Mamonto untuk memenuhi komitmennya adalah menandatangani Surat Keputusan (SK) Pergantian Antar Waktu (PAW) isterinya.

“SK pertama yang saya tandatangani, dengan Nomor 001, adalah SK untuk PAW isteri saya,” aku Sachrul Mamonto, saat berbincang dengan redaksi Jurnal6.com.

Menurut Sahrul, penggantian isterinya sebagai anggota DPRD Boltim adalah wujud dari komitmennya untuk menciptakan pemerintahan yang sehat dan profesional.

Sebab, bagi wartawan senior ini, tidak baik jika isteri dan suami ada dalam satu sistem pemerintahan.

“Tidak baik suami isteri ada dalam satu sistem pemerintahan. Jadi, karena saya sudah dipercayakan rakyat menjadi Bupati, isteri saya harus mengundurkan diri,” tegas pria low profil ini.

Keputusan Sahrul menandatangani SK PAW isterinya dari anggota DPRD Boltim, mendapat pujian Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Sulawesi Utara, Jaclyn Koloay.

“Salut dengan komitmen yang dimiliki pak Bupati Sachrul Mamonto. Tidak banyak politisi yang bisa memberhentikan isterinya sebagai anggota DPRD karena memenuhi komitmennya dengan rakyat,” ujar Jaclyn Koloay.

Karir Sachrul Mamonto berawal sebagai seorang wartawan di salah satu media cetak di Sulawesi Utara.

Masih sementara menjalankan tugas sebagai jurnalis, Sachrul Mamonto lolos seleksi sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmong. Bahkan terpilih menjadi Ketua KPU.

Sukses sebagai penyelenggara Pemilu, Sachrul mencoba masuk di dunia politik praktis. Langkah beraninya itupun berhasil. Dia terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bolmong Timur (Boltim). Selanjutnya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Boltim.

Sempat tak terpilih saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2015. Sachrul Mamonto ditugaskan Gubernur Provinsi Sulut sebagai Anggota Komite Dewan Komisaris Bank SulutGo.

Pada Pilkada 2020, Sachrul kembali maju. Akhirnya dia dipilih mayoritas rakyat Boltim menjadi Bupati Boltim.(rul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed