Program Kerja Aliansi Pers Manado (APM), Dukung Pemerintahan AA-RS

0
108

MANADO,JURNAL6.COM, – Program Kerja adalah landasan bergerak suatu organisasi agar supaya dapat menjalankan kegiatan selama kepengurusan sangatlah dibutuhkan. Dan itupun melalui rancangan program ini akan tergambarkan apa saja aktivitas suatu organisasi selama organisasi itu berjalan. Berdasarkan hal itu, Aliansi Pers Manado (APM) melakukan pleno penetapan program kerja tahun 2021-2022. Jumat (10/09/2021)
Rapat yang dipimpin Ketua (APM), Steven Rondonuwu bersama Sekretaris Denny Poluan ini berlangsung alot dan dihadiri sebagian besar anggota, di Sekretariat (APM) di Winangun Kecamatan Malalayang. Bahkan secara bergantian, Bidang Hukum, Sosial, Iven, Infokom serta Kerohanian pun memaparkan program kerja hasil kesepakatan bersama dan langsung diplenokan saat itu juga. (Baca Selengkapnya dibawah)
Pun secara garis besar, dibidang sosial, penegasan terkait adanya pasokan iuran dari setiap anggota untuk dijadikan dana kas APM. Juga dibicarakan tentang dana sehat dan duka yang sudah mulai berlaku sejak September tahun ini.


Pada Bidang Infokom berkolaborasi dengan bidang Hukum akan bangun komunikasi dengan perangkat daerah, terkait pelatihan jurnalistik juga sosialiasi program masing-masing OPD lewat kegiatan media gathering atau Coffee Morning.
Disisi lain bidang kerohanian juga akan berkoordinasi dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot, terkait ibadah bersama serta akan mendampingi kegiatan Walikota dan Wakil Walikota dalam Safari Natal dan Ramadan.
Ketua (APM) Steven Rondonuwu, mengapresiasi jajaran pengurusnya dalam penyampaian program kerja hebat dari tiap bidang saat rapat.
Teranyar, diakhir September 2021, perkumpulan pewarta yang sudah terdaftar di Kesbangpol Manado ini akan menggelar pemyemprotan disinfektan di sejumlah Sekolah.
“Ada informasi, tatap muka siswa di kota Manado akan segera dilakukan. Untuk itu, program terdekat yang akan kami lakukan hasil usulan bidang Iven kolaborasi dengan bidang sosial adalah rencana penyemprotan Disinfektan di sejumlah SD dan SMP di kota Manado. Kegiatan ini juga akan kami sampaikan ke Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw-Richard Sualang dan Pimpinan DPRD,” ucap Rondonuwu.
Menurut Wakil Ketua Komisi Remaja Sinode GMIM ini, program kerja APM kedepan adalah langkah untuk membangun sinergitas bagi setiap pewarta yang keseharian meliput di lingkungan pemerintah dan DPRD Kota Manado.
Terkait profesionalitas pekerja pers, wartawan senior ini telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas kominfo Manado Erwin Kontu SH,MH serta Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Lidya Kaawoan serta Sekretaris DPRD Manado, Adi Zainal Abidin, terkait pengawasan pemberitaan di internal APM.
Untuk itu Rondonuwu berharap para jurnalis yang tergabung dalam (APM) untuk lebih meningkatkan profesionalitas baik dalam segi pemberitaan dengan mengikuti kaedah jurnalistik serta lebih giat lagi memberitakan program Pemerintah Kota dan DPRD Kota Manado.
Turut hadir saat pertemuan tersebut pengurus inti seperti Wakil Ketua Ronald Rorong, Yudi Basdab, Sekretaris Denny Poluan, Bendahara Julia Walandouw, Wakil Bendahara Lucy Dien dan anggota APM. (*)

PROGRAM KERJA ALIANSI PERS MANADO tahun 2021-2022
Bidang Sosial :

  1. Bantuan Dana Sehat untuk anggota yang sakit (bersifat wajib). Anggota yang Isolasi Mandiri berhak menerima dana sehat namun harus ada data jelas dan disertai hasil Rapid Test. Kategori sakit adalah ketika pasien (anggota) disertai surat dokter yang sah (termasuk rawat inap) . jumlah iuran dana sehat per anggota APM, Rp.25.000.
  2. Bantuan dana duka berlaku untuk suami/istri dan anak bagi anggota yang sudah menikah (bersifat wajib). Untuk orang tua dari anggota yang sudah menikah dana duka bersifat kerelaan. Untuk anggota APM yang belum menikah, bantuan dana duka berlaku untuk orang tua (bersifat wajib). Bantuan dana duka untuk kakak/adik dari anggota (bersifat kerelaan). Dana duka yang bersifat wajib minimal Rp. 25.000. Penagihan yuran dana duka dan dana sehat dilakukan oleh bidang sosial
  3. Iuran APM wajib dan berlaku setiap bulan berjalan, Rp. 25.000 dan penagihan Iuran anggota dilakukan oleh Bendahara dan wakil bendahara.
  4. Mengkoordinir bantuan ke daerah luar yang terkena bencana
  5. Mengkoordinir kegiatan sosial (Lansia, anak Yatim, dll) menyesuaikan kegiatan dan berkoordinasi dengan bidang lain.
  6. Program ini berlaku sejak bulan September 2021.

Bidang Ivent :

  1. Mobile Vacsination, Target Sopir angkot/Pelajar warga Manado
  2. Diskusi Virtual, Tema: Perbaikan dan Pengembangan Infrakstruktur Kota. Waktu Pelaksanaan akhir tahun 2021
  3. Penyemprotan Disinfektan di sejumlah SD dan SMP. Kegiatan dilakukan sebelum diberlakukan tatap muka siswa (menunggu putusan pusat ke dinas pendidikan kota manado, kapan tatap muka diberlakukan).
  4. Olahraga Bersama wartawan dan ASN. Waktu pelaksanaan menyesuaikan

Bidang Multi Media dan Infokom :

  1. Membuat Media Sosial APM (Facebook, Instagram dll)
  2. Mengadakan pertemuan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setiap bulan/2 minggu secara bergilir. Tujuan pertemuan sekedar coffee morning dan bahas program untuk disosialisasikan.
  3. Pembuatan kalender dan stiker APM.
  4. Pendataan HUT hari-hari besar nasional dan Kota Manado serta kepala OPD dan anggota DPRD untuk memberikan ucapan dan pemberitaan.
  5. Webinar terkait pelatihan jurnalistik Tingkat Kelurahan.

Bidang Hukum :

  1. Sosialisasi UU Pers No 40.tahun 1999 tentang pers yakni kode etik jurnalistik, UU. ITE, UU. No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.
  2. Advokasi bagi anggota APM
  3. Rencana pembentukan Lembaga Bantuan Hukum APM.
  4. Membantu sosialiasi produk hukum Pemkot dan DPRD Manado.

Bidang Kerohanian :

  1. Ibadah bersama APM
  2. 2. Ibadah Tazkir.
  3. APM ambil bagian di Ibadah bersama Pemkot Manado, berkoordinasi bagian Kesra.
  4. Kunjungan Doa bagi yang sakit/berduka berkoordinasi dengan Bidang Sosial.
  5. Ibadah Natal bersama APM & Halal Bi Halal
  6. Perjuangkan THR untuk anggota APM
  7. Kegiatan hari besar Agama gandeng FKUB & BKSUA
  8. Audiensi dengan seluruh organisasi keagamaan di Manado
  9. Kegiatan Imlek dan Waisak.
  10. Anjangsana di panti-panti asuhan (kerja sama Bidang Sosial)
  11. Dampingi FKUB & BKSUA ke Israel/Madinah.
  12. Mendampingi Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam kegiatan safari Natal dan Ramadan.

(ROGAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here