Walikota Andrei Angouw, Plototi DAS Buruk di Kecamatan Wenang

MANADO,JURNAL6.COM- Walikota Manado Andrei Angouw, terus melakukan peninjauan lapangan guna melihat situasi dan kondisi anak sungai dan parit di beberapa lokasi di Tikala Kecamatan Wenang. Data yang diperoleh dilapangan menyebutkan bahwa dilokasi ini sering terjadi luapan air kebadan jalan sampai keseputaran pompa bensin Tikala.

Alhasil, kunjungan kali ini adalah lanjutan dari kunjungan Walikota kemarin sore yang mana saat itu Walikota Manado meninjau beberapa tempat dan lokasi jalan yang tergenang air.

Itu terjadi karena saat hujan berjam-jam terjadi membuat beberapa ruas jalan dikota Manado tergenang air. Kendatipun sedang hujan deras Walikota turun ke lapangan melihat pergerakan air terutama air yang meluap ke badan jalan. Itu dilihat langsung, mengapa air bisa meluap sampai kebadan jalan, sumbernya dari mana dan faktor-faktor apa penyebab sehingga terjadi banjir.

Kunjungan lapangan ini juga didampingi Kepala Dinas (PUPR) Ir. John R Suwu ST, Camat Wenang dan Lurah Tikala Kumaraka.

Dari hasil kunjungan lapangan ini sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debet air yang cukup besar. Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan Drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah.

Keadaan inilah yang membuat air didalam parit dan drainase yang tersumbat bukan lagi melalui drainase dan parit tersebut tetapi keluar ke jalan di lorong-lorong dan menggenangi beberapa ruas jalan protokol.

“Semua hasil dilapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir kedepan.” Pungkas Suwu.

(ROGAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *