Pemkab Sangihe Raih WTP 7 Kali Berturut-turut

0
121

Sangihe, Jurnal6
Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. Penghargaan ini merupakan WTP ke-7 yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe secara berturut-turut.

Penghargaan diserahkan oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI Dr Dori Santosa SE MM dan diterima oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe Josephus Kakondo BAE.

Penyeragan dilaksanakan di Aula Kantor BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara di Manado Senin (3/5/2021).

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang berkompeten yang bekerja secara maksimal dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga Opini WTP boleh diraih 4 kali berturut-turut dalam periode kepemimpinannya.

Dia meminta untuk menjadikan WTP sebagai motivasi  meningkatkan kinerja agar prestasi yang sudah sudah diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan. 

“Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kebupaten Kepulauan Sangihe dalam menjalankan fungsi pengawasan dalam penggunaan anggaran Pemerintah, serta kerja keras yang baik dari Inspektorat dalam pengawasan serta instansi teknis dan semua komponen yang tetlibat didalamnya,” kata Jabes Gaghana.

Ia menambahkan, penilaian tahun ini ada kemajuan dibanding beberapa tahun belakangan.

“Kiranya ini dapat memotifasi kita agar lebih baik lagi ke depannya. Dibanding tahun sebelumnya temuan kita menurun dan dari sisi kerugian Negara juga ada penurunan. Kita akan tingkatkan kualitasnya sehingga ke depan opini WTP yang kita dapat semakin berkualitas,” jelasnya.

Gaghana berharap, prestasi ini dapat di kawal sampai dengan tahun depan.

“Semoga kita dapat mempertahankan dan tingkatkan, dengan melaksanakan perbaikan di tiap bidang yang menjadi fokus penilaian,” tandas Jabes Gaghana.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sangihe, Josephus Kakondo BAE mengatakan, tidak mudah untuk mempertahankan penghargaan yang didapatkan oleh Pemkab dan DPRD Sangihe.

“Ini menjadi tantangan untuk DPRD Sangihe, karena mempertahankan penghargaan WTP tidak gampang, penghargaan ini harus menjadi indikator, maka dari itu tentunya DPRD Sangihe bersama dengan Bupati akan terus memberikan motifasi kepada penyelenggara agar kedepannya akan lebih baik lagi,” jelas Kakondo.

Turut hadir saat penerimaan WTP, Kaban Keungan Kabupaten Sangihe, Kepala Inspektorat Kabupaten Sangihe, Plt Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol Setda Sangihe, dan Sejumlah ASN Pemkab Sangihe. (Advertorial/Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here