oleh

Optimalisasi Potensi Perikanan dan Kelautan, Pemda Sangihe Sampaikan Grand Design Pembangunan Perikanan

-Sangihe-88 views

Sangihe, Jurnal6
Opimalisasi potensi perikanan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sangihe melakukan berbagai terobosan. Salah satunya dengan menyampaikan grand design ke pemerintah pusat. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Kepulauan Sangihe, Ir Renje Tamboto dalam mementum Hari Nelayan Nasional Tahun 2021.

STA GINOSKO

Menurut Tamboto, grandisign sebagai bukti komitmen pemerintah dalam memperjuangkan pemanfatan potensi perikanan kelautan untuk kehidupan masyarakat nelayan yang lebih baik fokus terhadap penangkapan dan budidaya. Grand design yang dipresentasikan ke kementerian yang bekompoten mendapat respon positif senergi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. 

“Dalam memperingati Hari Nelayan Nasional, beberapa waktu yang lalu kami telah membuat grand design dan telah mempresentasikan ke beberapa kementerian di pusat. Bapak Bupati turun langsung bersama dalam merangka mempresentasikan grand design itu. Beliau sangat respek terhadap pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Fokus kita adalah penangkapan di samping itu budidaya, terutama budidaya laut dengan tidak meninggalkan kegiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan dengan perikanan,” ungkap Tamboto. 

“Respon yang diberikan oleh Pemerintah Pusat terhadap grand design Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapat perhatian khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenko Maritim, dan Badan perbatasan dan kita meminta dukungan dari DKP Provinsi Sulut, Bapelitbang dan Universitas,” sambungnya. 

Lanjut dikatakannya, Selama ini interfensi Pemerintah untuk nelayan dialkukan melalui pemberian bantuan sarana prasarana bahkan di tahun anggaran di tahun 2021 sejumlah bantuan kan direalisasikan diantaranya perahu pamo, pelang dan cool box. Selain itu demi peningkatan kapasitas sumberdaya dilakukan pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat nelayan di antaranya terkait pengolahan dan penanganan pasca tangkap. 

“Di tahun 2021 kita akan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa perahu pamo, pelang dan cool box dan juga alat pancing. Sudah di siapkan beberapa strategi dalam merangka melakukan penanganan terhadap perikanan itu sendiri kita juga akan melakukan pembinaan terhadap masyarakat nelayan baik itu pada saat penangkapan ikan khususnya ikan tuna maupun pasca tangkap disamping itu kita juga akan melakukan pembenahan terhadap pengolahan hasil perikanan itu sendiri,” paparnya.

“Tentunya kabupaten Sangihe pemerintah daerah tidak akan berdiri sendiri koirdinasi konsultasi itu sangat penting dengan Provinsi dan Pemerintah Pusat, kerena di daerah ini tidak cukup mampu untuk melakukan penganan,” imbuhnya.

Ia berharap, ke depan beberapa program yang disampaikan terlealisasi dukungan Pemerintah Provinsi dan Kementerian salah satunya prioritas pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed