oleh

Dandim 1301/Sangihe Hadiri Peresmian Monumen Ade Irma Suryani Nasution

-Sangihe-55 views

Sangihe, Jurnal6
Komandan Kodim (Dandim) 1301/Sangihe, Letkol Inf Rachmat Christanto SIP menghadiri peresmian Monumen Ade Irma Suryani Nasution “Dalam Kenangan Alpiah Makasebape Sang Pengasuh”. Monumen itu dibangun di Kelurahan Dumuhung Kecamatan Tahuna Timur, Rabu (30/9/2020).

Monumen Ade Irma Suryani Nasution di bangun di depan rumah pengasuh beliau pada masa kecilnya yaitu Ibu Alpiah Makasebape, yang diresmikan langsung oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, SE ME. Pendirian monumen tersebut merupakan wujud penghargaan dan penghormatan atas jasa Ibu Alpiah yang telah mengasuh Ade Irma Nasution sejak kecil dan menjadi saksi hidup kisah pilu G30S/PKI.

Peresmian monumen Ade Irma Suryani Nasution merupakan refleksi memperingati penghianatan Gerakan 30 September, yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia. Hal tersebut menjadi kenangan mendalam dan tak terlupakan oleh Ibu Alpiah Makasebape (Sang Pengasuh), serta merupakan sejarah bernilai melalui seorang perempuan kelahir Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan menjadi kenangan bagi warga Sangihe. 

Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP mengatakan, pendirian Monumen ini merupakan wujud penghargaan setinggi-tingginya dan rasa terimakasih atas jasa ibu Alpiah Makasebape, yang telah mengasuh Alm. Ade Irma Suryani Nasution sekaligus menjadi saksi hidup kekejaman peristiwa G30S/PKI pada waktu silam. 

“Ini merupakan aspirasi dan sejarah yang harus terus kita ingat, agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali. Monumen ini untuk mengingatkan kita semua, khususnya generasi muda dan masyarakat sangihe bahwa saksi hidup peristiwa G30S/PKI merupakan putri terbaik dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yang saat ini masih ada,” ungkapnya.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed