oleh

RML-ROSO Bertarung Rebut Tiket Cabup, Koalisi Nasdem-Perindo Kans Terbentuk di Pilkada Minsel

-Minsel-73 views

Amurang, Jurnal6
Konstelasi politik di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kembali berubah. Itu setelah munculnya wacana Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) untuk berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minsel. Pemersatu dua parpol ini adalah dua politisi yang bertekad jadi calon bupati (cabup).

Adalah Ramoy Markus Luntungan (RML) dan Royke Sondakh (ROSO). Dua politisi ini telah mendaftar pada penjaringan cabup/cawabup Partai Nasdem. Teranyar, RML dan ROSO mendaftarkan diri di Sekretariat Penjaringan cabup/cawabup Perindo Minsel. “Iya, benar. Tadi (Senin 30/12/2019), pak Ramoy Luntungan dan pak Royke Sondakh sudah mendaftar. Itu memang salah satu syarat dari Partai Perindo untuk menerbitkan SK (usungan, red),” kata Jaclyn Koloay, Ketua Tim Penjaringan Cabup/cawabup Partai Perindo, Senin (30/12/2019).

Mendaftarnya RML dan ROSO di dua partai ini, semakin memperbesar peluang Nasdem-Perindo untuk berkoalisi. Pasalnya, dua parpol ini mengantongi 6 kursi di DPRD Minsel, sebagai syarat minimal mengusung cabup/cawabup di Pilkada Minsel.

Kendati demikian, baik Partai Nasdem dan Partai Perindo, belum menentukan siapa yang akan mendapatkan SK Usungan, apakah RML atau ROSO. “Kami menyerahkan semuanya kepada pimpinan DPW dan DPP. Siapapun yang akan diusung nanti, apakah RML atau ROSO, kami siap untuk mengamankannya,” tegas Jacko, sapaan akrab Koloay.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Perindo Minsel, Mayvo Rumengan mengakui, mereka telah menjalin dialog politik dengan pimpinan Partai Nasdem. “Kalau komunikasi politik dengan Nasdem, memang sudah ada,” ungkap Rumengan.

Dikatakan Rumengan, untuk mengusung cabup/cawabup di Pilkada Minsel, harus mengantongi minimal 6 kursi di DPRD. Sedangkan, Partai Perindo hanya memiliki 2 kursi di DPRD Minsel. “Butuh tambahan 4 kursi, baru bisa mengusung calon. Kalau koalisi dengan Nasdem, sudah cukup. Sebab Nasdem punya 4 kursi di DPRD,” terangnya.

Lobi tingkat tinggi oleh RML maupun ROSO, mulai dilakukan. Siapa yang akan sukses mengantongi SK Nasdem dan Perindo? Kita tunggu di beberapa bulan ke depan.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed