oleh

Fungsional Jalan Tol Manado- Bitung, Ini Yang Harus Diperhatikan Para Pengguna Jalan

Jurnal6 Manado – Pengoperasian jalan Tol Manado-Bitung  secara resmi dibuka wakil Gubernur Drs. Steven OE Kandow, Jumat(20/12-2019).

Fungsional ruas jalan tol terpanjang  di Sulawesi ini dioperasikan sepanjang 25 km yakni Manado-Manembo-Nembo untuk  membantu kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru.

Kepala PT Jasa Marga Manado-Bitung George Manurung mengatakan, fungsional tersebut mulai berlaku  dari tanggal 20 Desember- Januari 2020

“ Kita rencananya buka mulai tanggal 20 Desember sampai 3 januari 2021 dengan total  panjang  yang dibuka 25 kilometer mulai dari Manado sampai Manembo-Nembo. Masyarakat Manado diharapkan bisa menikmatilah perjalanan mereka yang selama ini dari Manado ke Bitung macet., “ucapnya.

Dirinya berharap dibukanya ruas tol Manado Bitung waktu tempuh pengguna kendaraan  bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan terlebih saat ini dalam suasana Natal dan Tahun Baru.

“  Jasa Marga Manado Bitung bersama Balai Jalan berupaya membuka tol ini fungsional untuk kebutuhan masyarakat Manado maupun masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya, “ujar Manurung.

Ditambahkannya masyarakat perlu juga mengetahui saat fungsional tol Manado-Bitung ini transaksi tetap dilakukan dengan menggunakan kartu pembayaran elektronik yang menjadi program pemerintah dan Bank Indonesia.

Untuk itu dia menghimbau masyarakat menyiapkan kartu pembayaran elektronik yang disediakan melalui 6 Bank yang ada.

“ Ini untuk membiasakan masyarakat menggunakan pembayaran dengan kartu elektrinik tanpa uang tunai. Namun demikian untuk fungsional saat ini masih gratis, tapi diperlukan transaksi, jadi nol rupiah selama fungsional ini. Kami harapkan masyarakat bisa menyiapkan kartu elektronik untuk masuk tol ini dan bisa mendapatkannya melalui lima Bank yang bekerjasama dengan PT Jasa Marga yakni Bank BNI, Mandiri, BRI,BCA, BTN dan Bank SulutGo.” terang George.

Disisi lain untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, pihak Jasa Marga menyiapkan armada patroli, ambulans, mobil derek yang dibantu Dinas Perhubungan dan Kepolisian.

“Kami harap pengguan jalan tol tetap berhati-hati dan kalau bisa sebelum masuk tol kendaraan harus dicek bahan bakarnya  jangan sampai di tengah jalan mogok kehabisan BBM, dan yang paling penting untuk diingatkan kepada pengguna jalan tidak dibenarkan ada foto-foto selfie apalagi berhenti di pinggir jalan untuk foto-foto karena ini sangat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. “ ujar Manurung mengingatkan.

Disisi lain Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional  (BPJN) XV Manado Gorontalo Triono Junoasmono mengingatkan kembali untuk funsional jalan tol Manado Bitung  hanya berlaku dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, namun demikian dirinya memberi apresiasi respon masyarakat yang begitu besar menggunakan fasilitas jalan tol tersebut.

“ Kebetulan tadi pas dibuka fungsional tol Manado-Bitung sudah hampr 150 kendraan sudah masuk pagi ini, berarti respon masyarakat Manado sangat baik, mudah –mudahan nanti setelah operasi harapan kami bulan depan itu baru 24 jam , “ pungkas Triono. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed