Gelar Reses di Kelurahan Bitung Barat 2, Legislator Nick Lomban Buktikan Janjinya Kepada Konstituen

0
193

Bitung Jurnal6 – Komitmen legislator Sulut Nick Adicipta Lomban,SE memiliki komitmen mengawal aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan di lembaga legislative.

Hal tersebut dikatakan ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sulut saat menemui masyarakat di Kelurahan Bitung Barat 2 kecamatan Maesa, Bitung. Jumat (6/12/19) siang terkait  kegiatan reses I tahun 2019.

Kedatangan di wilayah ini sekaligus memenuhi janjinya kepada masyarakat Kelurahan Bitung Barat 2 sebelum dirinya terpilih sebagai anggota DPRD Sulut.

“ Saya pernah berjanji kepada masyarakat Kelurahan Bitung Barat 2 pada saat pemilihan calon anggota DPRD pada waktu lalu, bilamana saya dipercayakan masyarakat duduk di lembaga legislative, lokasi pertama yang akan saya kunjungi untuk kegiatan reses saya akan buat disini, dan hari ini saya berada ditengah-tengah bapa/ibu sekalian, “ ucap kaka Nick sapaan akrabnya.

Kehadiran legislator dapil Bitung-Minut mendapat sambutan hangat ratusan warga maupun pejabat pemerintahan kota Bitung yang ikut mendampingi kegiatan reses tersebut.

“ Kehadiran mereka (pejabat) disini sangat diperlukan agar dapat mengetahui langsung permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat khususnya aspirasi masyarakat yang menjadi kewenangan pemerintah Kota Bitung, “ ujarnya.

Sementara sejumlah aspirasi disampaikan warga lebih banyak menitik beratkan pada masalah air bersih,  drainase sampai kepada persoalan sampah.

Rocky Pontoan Lurah Bitung Barat 1 menyampaikan aspirasinya  agar para nelayan dibuatkan tambatan perahu dilokasi  pantai Candi termasuk masalah abrasi pantai untuk dibuat tanggul maupun masalah air bersih yang dinilai kurang memadai untuk kebutuhan masyarakat Bitung Barat 1.

Demikian pun aspirasi yang dikemukakan  Lurah Kakenturan 2 Aswan Tamin yang mengeluhkan masalah debu dan banjir akibat dampak pembangunan jalan  tol Manado-Bitung.

“ Saya udah menyurat ke instansi terkait tapi belum ditanggapi, ”keluhnya.

Selain itu Aswan Tamin berharap perhatian pemerintah Propinsi dalam program kegiatan pengembangan UKM yang sudah sekian lama disampaikan melalui instansi terkait  yakni Dinas Sosial namun hingga saat ini belum mendapat tanggapan.

Terkait infrastruktur khususnya pembanguna drainase, Devi Lurah Pateten 3 mengeluhkan pelebaran drainase di kawasan Pateten 3 dan masalah saluran Air PAM dari sudah pernah diusulkan namun belum terealisasi.

“ Pemasangan saluran PAM, sudah beberapa tempat yang dipasang tapi sampai saat ini belum di aktifkan. Mohon di kawal dan diperjuangkan. “ ujarnya.

Hal lainnya yang sangat penting menjadi perhatian khusus pemerintah terkait  masalah sampah.

Lurah Bitung Timur, mengeluhkan masalah tersebut yang terjadi  di kawasan pusat kota, apabila hujan turun kawasan ini  menjadi sasaran sampah kiriman terkait drainase yang kecil sehingga tidak mampu menampung volume air dan sampah sehingga memiliki dampak yang merugikan masyarakat.


Hal senada dkemukakan Lurah Bitung Barat 2 Sertianis yang juga  mengeluhkan masalah sampah dimana armada pengangkut sampah tidak pernah masuk di kawasan belakang gudang Kontainer.

Menurutnya truk sampah tidak pernah masuk di kawasan belakang gudang Kontainer.

“ Selain permasalahan sampah kami juga berharap untuk bantuan  untuk penerangan jalan  yang sangat penting bagi masyarakat disini terutama pengadaan lampu jalan di kawasan Gereja Alfa Omega,”imbuhnya.

Disisi lain Indalita Kansil Lurah kakenturen 1 mengeluhkan dari dampak pembangunan jalan tol mengakibatkan 10 rumah kenadampak  banjir.

” Waktu lalu Gubernur Olly dan Wagub Steven pernah datang melihat langsung untuk mencari jalan keluar terkait permasalahan ini. Saya sudah menyurat PT. Presisi dan LMA yang adalah penanggung jawab pembuatan tol di daerah ini tapi belum ada realisasi, “terangnya sambil berharap adanya bantuan untuk pembuatan talud di 3 titik yang berada di kawasan Kakenturen 1. ” terangnya.

Menanggapi keluhan-keluhan tersebut, Ketua Fraksi Partai Nasdem Sulut itu mengatakan bahwa keluhan warga ini telah di catat dan di rekam, pastinya akan ditampung dan diperjuangkan apa yang menjadi kewenangan Propinsi maupun kewenangan kabupaten/kota termasuka apa yang menjadi kewenangan pemerintah kota Bitung.

“Memang sebagian besar keluhan warga merupaka kewenangan pemerintah kota Bitung tapi tak mengapa, pasti kami akan tindak lanjuti. Melalui lintas fraksi di kabupaten/kota maupun teman-teman di DPRD Sulut lewati komisi-komisi yang ada untuk memperjuangkan serta menindak lanjuti  apa yang menjadi permasalahan yang ada ditengah masyarakat. “ pungkas mantan Nyong Sulut tahun 2010 ini. (stem)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here