oleh

The 4th International Conference on Operations Research, Pentingnya Diversifikasi Energi

-Manado-37 views

DIVERSIFIKASI energi merupakan langkah penting dalam rangka optimasi penyediaan energi. Demikian diungkapkan Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, saat membuka The 4th International Conference on Operations Research, Kamis 19 September 2019.Dikatakan Kumaat, penggunaan energi terbarukan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Dia percaya bahwa menempatkan masalah energi dan lingkungan sebagai kunci utama dalam konferensi adalah pemikiran yang sangat bagus. “Dan untuk melihat kedua masalah ini dari perspektif Matematika adalah harapan lain untuk solusi optimal di masa depan,” katanya.

Diversifikasi energi menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak sekaligus upaya memperbaiki perekonomian jangka panjang. “Masih banyak potensi sumber energi terbarukan yang dapat diolah sebagai energi alternatif. Konsumsi energi di Indonesia saat ini sebanyak 50 persen berupa BBM, 45 persen batubara dan gas, sementara 5 persen sisanya baru energi terbarukan. Diversifikasi energi sudah harus dilakukan,” tambah Kumaat..

Konferensi ini dihadiri lebih dari 300 peserta dari 80 universitas/institusi dan dari 16 negara diharapkan bisa menjalin kolaborasi antar universitas dan antar dosen. “Semoga lewat kegiatan ini bisa menghasilkan karya tulis internasional yang berkualitas tinggi,” harapnya.(lla)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed