oleh

Delapan Mantan Kumtua Desak Pemkab Gelar Pilhut Serentak

-Minsel-5 views

Amurang, Jurnal6 – Delapan Mantan Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), gelar pertemuan. Pertemuan itu dilaksanakan di Sea Side, Boulevard Amurang, Rabu (31/7/2019). Keputusannya, mereka mendesak Pemerintah Kabupaten Minsel segera melaksanakan Pemilihan Kumtua (Pilhut) serentak.

Menurut koordinator pertemuan, Jerry Bokau, desakan untuk melaksanakan Pilhut serentak, semakin besar. “Desakan untuk melaksanakan Pilhut terus disuarakan warga. Sebagai mantan Kumtua, kami terbeban untuk menyampaikan aspirasi masyarakat ini,” kata Bokau.

Alasan dia, jumlah desa yang Kumtuanya telah habis masa jabatan sudah lebih dari 100 desa. “Ini sudah sangat mendesak. Telah lebih dari 100 desa yang saat ini dipimpin penjabat. Jadi, kami mendesak bupati untuk segera menggelar Pilhut serentak di tahun 2019 ini,” tegasnya.

Jika tahun ini Pilhut tak dilaksanakan, dia khawatir Pilhut serentak akan tertunda hingga 2021. Pasalnya, Tahun 2020 Pemkab Minsel akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah. “Tahun depan kan ada agenda nasional, yaitu Pilkada serentak. Kalau Pilhut tidak dilaksanakan, akan tertunda lagi hingga 2021,” paparnya.

Kendati demikian, Bokau mengaku tetap mendukung apapun kebijakan Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu. “Apapun kebijakan Bupati akan saya dukung, termasuk jika kebijakan bupati menunda Pilhut 2019,” tandasnya.

Desakan yang sama juga disuarakan John Lepa, mantan Kumtua Ongkau. “Bupati harus segera menggelar Pilhut di 2019,” tukas Lepa dan diaminkan Ventje Mangindaan, mantan Kumtua Desa Talaitad.

Jika penundaan hanya karena tidak ada anggaran, kata dia, itu tidak bisa dijadikan alasan. “Sebenarnya, pernyataan tidak cukupnya anggaran untuk pelaksanaan Pilhut tidak bisa dijadikan alasan. Kami bisa mengupayakan pengadaan anggaran Pilhut di desa kami masing-masing. Jika perlu, saya sanggup membiayai Pilhut di desa kami,” kata Lepa.

Ikut hadir dalam pertemuan itu, mantan Kumtua Desa Talaitad Ventje Mangindaan, Mantan Kumtua Desa Poigar Alex Tumundo, mantan Kumtua Desa Lopana Deddy Rantung dan beberapa Kumtua dari desa se-Minsel lainnya.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed