oleh

Pelantikan E2L Diduga Sengaja Diulur

Manado, Jurnal6

Puluhan ribu pendukung Elly Engelbert Lasut (E2L), kecewa. Tidak dilantiknya E2L sebagai Bupati Kabupaten Talaud, pada Senin (22/7/2019), jadi pemantik. Diduga, pelantikan E2L sengaja diulur.

Berbagai spekulasi pun muncul. Banyak tokoh berpendapat bahwa penundaan pelantikan E2L terkait persaingan politik. Pasalnya, E2L sudah terpilih secara sah sebagai Bupati Talaud pada 2018 lalu.

Menurut Ketua Garda Pemuda Nasdem Kabupaten Minahasa Utara (Minut), William Luntungan, batalnya pelantikan E2L kemarin, sarat muatan politik. “Menurut kami masyarakat biasa, pelantikan E2L sengaja diulur-ulur. Ketidakjelasan pelantikan ini kental muatan politis,” sembur Luntungan.

Dia juga mengaku heran dengan sikap pemerintah yang diduga ‘menghalangi’ pelantikan E2L sebagai Bupati Kabupaten Talaud. “Saya juga heran. Ini putera terbaik bangsa yang telah dipilih rakyat sebagai kepala daerah. Mengapa harus dihalangi? Ada apa ini? siapa di belakang semua ini?” papar aktivis yang cukup vokal ini.

Kekesalan warga pun memuncak. Masyarakat yang tidak puas dengan kebijakan pemerintah ini melaksanakan demo. Demo mempertanyakan sikap pemerintah yang membatalkan pelantikan E2L, digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud terpilih, Elly Engelbert Lasut dan Mochtar Parapaga, seharusnya sudah dilaksanakan pada Senin (22/7/2019). Namun, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengaku belum menerima Surat Keputusan (SK) pelantikan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “Saya belum terima SK. Jadi, kita belum mau jawab. Belum ada SK di tangan Gubernur untuk pelantikan,” kata Olly usai Konferda-Konfercab PDI-P Sulut di GKIC Novotel Manado, Sabtu (20/7/2019) akhir pekan lalu.

Untuk mengisi kekosongan pemerintahan, Gubernur menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Talaud, Adolf Binilang, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kepulauan Talaud.

Sementara itu, E2L meminta masyarakat untuk tenang. Sebab, dia yakin bahwa Gubernur Sulut akan melaksanakan pelantikan. “Saya hatap masyarakat Talaud, terlebih para pendukung dan simpatisan untuk tetap tenang dan sabar menanti pelantikan kami oleh Bapak Gubernur,” kata suami tercinta mantan Bupati Mitra, Telly Tjanggulung.

Diapun berharap agar tidak ada lagi massa yang datang ke kentor Gubernur Sulut untuk demo. “Saya sangat berterimakasih atas doa para tua-tua adat dan perhatian dari masyarakat pendukung saya. Sekali lagi saya sampaikan untuk tetap tenang dan bersabar. Semua akan indah pada waktunya,” imbuhnya.(jrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed