oleh

Belasan Caleg Stres Dirawat Dokter Rumah Sakit Jiwa

Ilustrasi: Perawatan orang gila

Jurnal6
Belasan calon legislatif yang bertarung pada pemilihan umum 2019, dinyatakan mengalami tekanan mental. Gagalnya para politisi ini menyabet kursi legislatif, jadi penyebab. Dokter ahli kejiwaan pun kerja ekstra keras untuk menyembuhkan mereka.

Hampir semua pulau di Indonesia, terdapat caleg stres. Terbukti, pasca Pemilu 2019, Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) H Mustajab, Kabupaten Purbalingga, merawat caleg stres dari Sulawesi, Kalimantan, Jawa dan Sumatera.

Menurut KH Supono, seperti dilansir pada laman merdeka.com, 15 orang caleg yang ia tangani datang dari berbagai tempat. Rinciannya yakni dari Kalimantan sebanyak 6 orang, Jakarta 4 orang, Sulawesi 3 orang dan Sumatera 2 orang. Para caleg tersebut mengalami tekanan mental karena merasa telah mengeluarkan biaya besar, namun harapan duduk sebagai anggota dewan perwakilan rakyat tak tercapai.

“Kebanyakan usianya masih muda. Dirawat di sini kurang lebih seminggu. Saya berusaha menenangkan kejiwaan mereka,” kata KH Supono, pendampingan kejiwaan pada Sumanto, yang terbukti melakukan kanibalisme, memakan tubuh mayat, Sabtu (8/6/2019).

Tak hanya Caleg, Supono juga merawat 5 orang tim sukses caleg asal Jawa Tengah. Saat ini, mereka masih menjalani rawat jalan di RSKJ H Mustajab. Tekanan mental yang mereka alami disebabkan para caleg yang mereka dukung meminta pertanggungjawaban pengembalian biaya yang dirasa tak sesuai janji tim sukses. “Persoalan utama goncangan jiwa ini memang disebabkan oleh uang yang dikeluarkan besar,” ujar Supono.(jrl/mdk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed