Franko Wangko, Caleg Termuda Raup Suara Terbanyak di Dapil Sario-Malalayang

MANADO,JURNAL6.COM— Fenomenal. Itulah kata yang pantas disematkan kepada politikus muda Partai NasDem, Franko C Wangko. Betapa tidak, Franko menjadi calon legislatif yang mengumpulkan suara terbanyak Sario-Malalayang yang dikenal dengan sebutan daerah pemilihan (dapil) neraka. Pasalnya, di wilayah tersebut dihuni para ketua-ketua partai politik yang turut bertarung di pemilihan legislatif. Sesuai hasil pleno rekapitulasi, inisiator Gerakan Kita #MasaDepan, meraup suara 2.959, mengungguli perolehan suara semua konstestan di dapil Sario-Malalayang, termasuk Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone.

Dengan pencapaian tersebut, Franko mengunci satu kursi untuk Partai NasDem serta menjadi anggota dewan termuda, periode 2019-2024. Diwawancarai koran ini, Franko mengaku bersyukur atas kerja keras door to door menyampaikan visi misi kepada masyarakat.

“Hasil pileg tahun ini, menjadi bukti bahwa masyarakat Kota Manado kian cerdas memilih wakil rakyat. Politik ide dan gagasan mendominasi meski tak bisa dipungkiri praktik politik uang masih saja ada,” ujar Franko.
Diapun berjanji, semua program yang disosialisasikan kepada masyarakat, akan dilaksanakan ketika memegang amanah sebagai wakil rakyat. “Hampir tiga ribu warga mempercayakan kemajuan kota ini, kepada anak milenial yang terjun perdana di kontestasi politik Kota Manado. Ini tentunya menjadi kebanggaan serta tanggung jawab untuk menghadirkan terobosan serta pelayanan maksimal kepada seluruh warga Manado,” jamin Franko, yang mengaku kini terus merangkul anak-anak muda kreatif dan inovatif untuk bersama-sama berkontribusi bagi daerah lewat Gerakan Kita #MasaDepan.
Sementara itu, Wakil rakyat untuk DPRD Kota Manado dari daerah pemilihan (dapil) Sario-Malalayang bakal diisi sekira enam wajah baru. Praktis, hanya Ketua DPRD Noortje Van Bone dan Robert Tambuwun (mantan kader Hanura) yang kini maju dari Partai Perindo yang akan mendampingi enam wajah baru dari dapil Sario-Malalayang.
Noortje Van Bone mampu menjaga harga diri Partai Demokrat dengan meraup suara signifikan (tertinggi kedua).

“Kinerja mumpuni yang ditunjukan srikandi partai berlambang mercy selama empat tahun lebih memimpin DPRD Manado telah diprediksi sebelumnya akan membuat suara Noortje melonjak,” ungkap Direktur Wain Advisory Richard Nelwan.

Diketahui, PDIP berhasil menjadi partai pendulang suara terbanyak di Sario-Malalayang disusul Partai Demokrat. Dua parpol tersebut pun berhak mengirim dua wakil di DPRD, mengacu pada penghitungan menggunakan Sainte Lague. Sementara itu, tiga partai peraih suara terendah ditempati PKPI, PPP dan PBB. “Animo masyarakat di dapil Sario-Malalayang terbilang rendah. Dari sekira 72.000 jiwa yang masuk DPT hanya 49.865 jiwa atau sekitar 69% yang memberikan hak suara mereka di TPS,” pungkasnya.

(ONAl GAMPU )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *