oleh

Lumapow: Kumtua Wajib Umumkan Penggunaan Dandes dan ADD!

-Minsel-152 views

Amurang, Jurnal6

Gaung sumbang penggunaan Dana Desa (Dandes) dan Anggaran Dana Desa (ADD), terus menggema. It datang dari suara rakyat yang merasa tidak puas. Tidak transparannya penggunaan dana dari pemerintah pusat dan daerah itu, jadi penyebab.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Sorotan terhadap penggunaan Dandes/ADD di sejumlah desa, semakin kencang. Bahkan, ada beberapa kasus dugaan penyalahgunaan Dandes/ADD yang sudah ditangani Kepolisian Resor (Polres) Minsel dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Minsel.

Menyikapi ramainya sorotan tidak puas penggunaan Dandes/ADD, memicu statemen Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Hendrie Lumapow. “Kumtua wajib mengumumkan penggunaan Dandes dan ADD,” katanya.

Menurut dia, hukum tua, juga harus proaktif meredam sorotan negatif warga soal penggunaan Dandes/ADD. “Untuk meredam sorotan soal dugaan penyalahgunaan Dandes dan ADD, Kumtua yang bersangkutan harus jujur dan transparan kepada masyarakat. Aturan telah menegaskan soal transparansi penggunaan Dandes dan ADD,” tegas Lumapow.

Caranya, kata dia, tidak sulit. Cukup dengan mengumumkan penggunaan Dandes/ADD. “Publikasi penggunaan Dandes dan ADD kepada masyarakat. Mulai dari perencanaan, anggaran yang diperoleh, hingga penggunaan dan rincian penggunaan anggaran. Kan tidak sulit,” papar Lumapow.

Jika hal itu sudah dilakukan, dia yakin sorotan miring terhadap penggunaan Dandes dan ADD akan berkurang. “Apa lagi yang akan masyarakat pertanyakan jika rincian penggunaan anggaran sudah dipublikasi. Entah itu lewat media massa atau baliho. Nah, sekarang saya tantang semua hukum tua di Minsel untuk mengumumkan rincian penggunaan Dandes dan ADD. Contohnya sampai pada jumlah tenaga kerja dan nilai gaji pekerja,” imbuhnya.

Sebenarnya, kata dia, transparansi dalam penggunaan Dandes terkandung dalam asas pemanfaatannya. “Ingat, dalam mennggunakan Dandes, harus mengikuti asas keterbukaan, legalitas dan ketepatan!” tandas mantan Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Minsel itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

News Feed