oleh

Ditemukan 23 Korban Tewas Longsor Tambag Emas Bakan, Basarnar Hentikan Pencarian

Bolmong, Jurnal6

Pencarian korban longsor tambang emas Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, dihentikan. Itu setelah 10 hari Badan SAR Nasional (Basarnas) melakukan upaya pencarian korban. Penghentian pencarian terhitung sejak Kamis (7/3/2019) siang.

Dalam pencarian tersebut, Basarnas menemukan 23 korban tewas. Sementara 18 korban ditemukan selamat dan 5 tidak teridentifikasi. Semua korban tewas, kondisi jasadnya sangat mengenaskan.

Menurut Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Mar Budi Purnama, penghentian pencarian dilakukan dengan berbagai pertimbangan. “Ini sudah hari ke sepuluh operasi SAR gabungan dilaksanakan. Kita sudah menuntaskan semua pekerjaan kita. Berdasarkan berbagai pertimbangan kita hentikan,” tegas Purnama.

Salah satu alasan penghentian pencarian itu, jelas Purnama, disebabkan kondisi lokasi yang tidak lagi memungkinkan. Pasalnya, saat proses evakuasi selama beberapa hari, longsoran tanah dan bebatuan masih terus terjadi. “Longsoran bebatuan terjadi berulang-ulang. Goa yang kita buka telah tertimbun oleh reruntuhan sampai pada Pukul 05.00 Wita. Karena longsoran bebatuan terus berjatuhan maka kita hentikan,” imbuh Purnama.(csr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed