Dinanti Masyarakat, Tol Manado –Bitung Persingkat Jarak Tempuh Hanya 30 Menit

0
106

Jurnal 6

Manado – Kehadiran Jalan Tol Manado – Bitung tengah dinanti masyarakat Sulawesi Utara sebagai solusi alternatif mempersingkat jarak tempuh bagi pengguna kendaraan dari Manado menuju Kota Bitung maupun sebaliknya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Balai Pelaksanaan Jalan  Nasional (BPJN) XV Manado dan PT Jasa Marga saat ini terus berupaya menyelesaikan  pembangunan Jalan Tol sepanjang 39,9 kilometer tersebut.

Jalan Tol Manado-Bitung didesain dua seksi yaitu, Seksi 1 dari Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Dari 14 kilometer tersebut, sepanjang 7 kilometer di Seksi 1A akan selesai pada Juli 2019, sementara 7 kilometer di Seksi 1B saat ini dalam tahap konstruksi dengan progres sebesar 83,9 persen. Seksi 1B ini ditargetkan selesai pada April 2019.

Sementara biaya konstruksi porsi pemerintah sebesar Rp 3 triliun. Biaya ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan tingkat kelayakan investasi jalan tol.

Dari 14 kilometer tersebut, sepanjang 7 kilometer di Seksi 1A akan selesai pada April 2019(Dok. Kementerian PUPR) Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), yang bertujuan mendorong pemerataan hasil pembangunan dan mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung, sebagai pelabuhan ekspor andalan di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu, keberadaan tol ini juga akan menunjang pengembangan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung dari yang sekitar 90-120 menit menjadi hanya sekitar 30 menit.

Dikutip dari laman Kompas.com, Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono melaluiketerangan tertulis Selasa (5/2/2019),  Tol Manado – Bitung yang saat inimenjadi tol terpanjang di Indonesia Timur  dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp 5,12 Triliun.

Dikatakan Basuki, Tol Manado – Bitung akan menjadi jalan alternatif sehingga mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian. Jalan Tol Manado-Bitung memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Sukur, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung.

Pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 lalu, Jalan Tol Manado-Bitung telah dibuka fungsional untuk kendaraan kecil saja pada Seksi IB (Sukur-Air Madidi) dan Seksi IIA (Air Madidi-Danowudu) guna membantu kelancaran arus mudik. Di samping itu sekaligus dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan jalan tol tersebut.

Disisi lain DPRD Sulut melalui Komisi III terus mendorong upaya penyelesaian Tol Manado – Bitung agar segera dinikmati masyarakat pengguna jalan,  meski diakui Kepala BPJN XV Triono Junoasmono  pihaknya menemui sedikit hambatan di lapangan terutama beberapa struktur bangunan jembatan yang masih butuh waktu penyelesaian.

“Beberapa  struktur jembatan saat ini sedang dikerjakan, sedikit mundur waktunya  karena memang ada penguatan struktur. Kenapa kita perlu perkuat, karena memeng  posisi jembatan  ini cukup tinggi,”  jelas Triono.

Meski demikian, ketua komisiIII Adriana Dondokambey bisa  memahami  sejumlah kendala yang dihadapi pihak BPJN XV maupun PT Jasa Marga setelah melihat secara langsung progres  yang terjadi di lapangan baru-baru ini.

Menurut Dondokambey, DPRD Sulut melalui komisi III akan segera berkoordinasi dengan Kementerian PUPR maupun Pemprov Sulut terkait penyelesaian proyek Tol Manado-Bitung.

“ Kami DPRD khususnya komisi III memahami kendala  yang dihadapi BPJN maupun PT Jasa Marga . Sebab hasil kunjungan di lapangan terutama pembangunan jembatan memang perlu adanya desain serta penguatan struktur agar hasilnya nanti bisa maksimal karena ini menyangkut keselamatan pengguna jalan tol itu sendiri , “ pungkas politisi PDIP ini.  (stem/kmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here