Komisi 4 Temukan Puluhan Tambang Ilegal Di Desa Tateli

Minahasa250 views

Jurnal 6

Manado – Puluhan Perusahaan tambang batu yang belum memiliki Izin di Desa Tateli terus melakukan aktifitas penambangan.

Hal ini terungkap saat komisi 4 DPRD melakukan chek on the spot di lokasi  tersebut Senin (4/1) sekaligus menindak lanjuti aspirasi masyarakat yang mengeluhkan aktifitas penambangan ilegal yang berdampak  pada ketersediaan air bersih.

Masyarakat Tateli berharap dilakukan kembali penghijauan di areal tambang guna mengembalikan fungsi  lahan tersebut menjadi daerah resapan air dan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk untuk mengecek lokasi tersebut

 “Nanti dinas akan turun mengecek perusahaan tersebut,” kata Karinda.

.Dari pantauan awak media ini, saat melakukan peninjauan dilapangan, terlihat sejumlah alat berat perusahaan tambang batu melakukan kegiatannya secara sembunyi-sembunyi. Bahkan saat ditanya salahsatu operator alat berat di lokasi mengaku perusahaan dikerjakannya belum mendapatkan izin penambangan. Namun saat ditanyakan operator tersebut hanya menjawab sambil berlalu. “Oh ini alat dari perusahaan,”jawabnya singkat sambil berlalu.

Sementara, sumber mata air yang ada dilokasi yang mengalir ke sungai sampai ke pemukiman masyarakat tateli, terpantau sudah ditutupi oleh bebatuan sehingga jalan air sudah terhalang dan tertimbun oleh material batuan dan pasir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Marly Gumalag saat diwawancara awak media mengatakan pihaknya akan.mengecek lagi lokasi tersebut. ” Akan kami cek lagi lokasi tersebut,” tukasnya. (stem/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *