Banjir Landa Desa Ranowangko Dua, Desa Soyowan dan Eris, Tinggi Air mencapai 100 Sentimeter

Minahasa, Mitra126 views

Tondano, Jurnal6.com

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara, Rabu (1/5/2024) mengakibatkan banjir di sejumlah desa.

Pantauan Jurnal6 semalam, ada 3 desa yang diterjang banjir. Ketiga desa itu yakni Desa Ranowangko Dua Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa, Desa Eris dan Desa Soyowan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Ketinggian banjir di tiga desa ini mencapai 1 meter. Besarnya volume air akibat hujan lebat tan bisa lagi ditampung saluran air yang tersedia. Rumah wargapun tergenang air berwarna cokelat.

Herry Pantouw, tokoh masyarakat Tondano meminta warga yang tinggal di seputaran Danau Tondano dan sungai-sungai besar, untuk waspada.

“Harus waspada. Kalau hujan masih terus turun, warga yang tinggal di dekat sungai dan Danau Tondano mengevakuasi diri dulu ke rumah keluarga yang rumahnya jauh dari potensi banjir,” kata Herry.

Rabu malam, hujan lebat turun sekira 2 jam di Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Mitra. Bunyi guntur sahut menyahut dan kilat tak henti menyambar di langit Minahasa dan Mitra. Kondisi seperti ini menambah kekhawatiran warga di dua Kabupaten ini.(jrl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *