Dinas Pangan Sangihe Bangun Sinergitas Jaga Ketahanan Pangan Daerah

Sangihe243 views

Sangihe, jurnal6.com

Gejolak harga terutama beras yang terjadi di beberapa wilayah juga mulai dirasakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui Dinas Pangan Daerah terus membangun koordinasi dan sinergitas agar pasokan beras di Sangihe tetap stabil.

Kepala Dinas Pangan daerah kepulauan Sangihe Ir Reintje Tamboto, mengatakan dukungan Bulog cabang Sangihe yang selama ini menjaga stok ikut mempengaruhi pergerakan harga. Selain itu, melalui program tol laut dengan pasokan pangan di setiap tripnya akan mampu memenuhi kebutuhan beras atau bahan pangan lainnya.

“Dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Sangihe, terutama di wilayah perbatasan, pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan Bulog dan distributor bahan pangan, serta beberapa consignee
yang menggunakan tol laut,” kata Tamboto.

Lanjutnya, Tol laut memiliki dampak yang signifikan di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk mendukung ketahanan pangan.

“Sehingga menjadi harapan pemerintah dan masyarakat pemanfaatan tol laut ini di berikan kelonggaran bagi consignee kita ada di Kabupaten Sangihe untuk memasukan bahan pangan ke tol laut pada saat tol laut akan di berangkatkan menuju Kabupaten Sangihe,” tambahnya

Tamboto berharap di Tengah pergerakan harga yang mulai terjadi di Kabupaten Sangihe stok tetap tersedia terutama untuk beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) oleh Bulog. Disisi lain pemerintah pusat dapat memfasilitasi bahan pangan melalui program tol laut dengan memprioritaskan wilayah kepulauan dan perbatasan.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *